Pemberian kontrasepsi oral apakah dapat mengurangi efek samping yang disebabkan oleh kontrasepsi suntik - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo Dokter. Mohon maaf saya ingin bertanya, jika ada seorang pasien selama penggunaan KB suntik 3 bulan mengalami gangguan haid seperti haidnya menjadi...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pemberian kontrasepsi oral apakah dapat mengurangi efek samping yang disebabkan oleh kontrasepsi suntik

    26 Juni 2020, 21:03

    Alo Dokter. Mohon maaf saya ingin bertanya, jika ada seorang pasien selama penggunaan KB suntik 3 bulan mengalami gangguan haid seperti haidnya menjadi memanjang (bahkan tidak berhenti-henti). Bagaimana pendekatan yang perlu kita lakukan?


    Apakah diperbolehkan memberikan pil KB untuk membantu menormalkan siklus haid? Apakah pemberian pil KB pada kondisi tersebut bisa mempengaruhi efektivitas KB suntik dan justru meningkatkan efek samping ?


    Karena kebetulan saya sering menemui pasien yang menggunakan KB suntik 3 bulan tapi juga diberikan pil KB oleh bidan, dengan tujuan agar haidnya bisa kembali normal.


    Terima kasih sebelumnya 🙏

26 Juni 2020, 22:09

Alo Dok,

Kalau dari sumber berikut (link:https://www.racgp.org.au/afp/2017/october/the-management-of-irregular-bleeding-in-women-using-contraception/), prolong menstrual bleeding akibat KB injeksi sebenarnya cukup jarang, karena setelah beberapa saat siklus menstruasi akan kembali normal. Tapi pada kasus AUB akibat LARC (long acting reversible hormonal contraceptives), lini pertama memang bisa diberikan KB pil kombinasi selama paling tidak 3 bulan, disamping itu bisa diberikan asam mefenamat dan asam traneksamat selama kira-kira 5 hari.

Mungkin teman sejawat lainnya ada informasi/guidelines yang terbaru, jadi saya akan ikut menyimak.

Semoga bermanfaat

CMIIW

27 Juni 2020, 15:44
Terima kasih banyak dok 🙏
03 Juli 2020, 23:47
Terima kasih informasinya dok
07 Juli 2020, 16:06
Terima kasih sudah menggunakan aplikasi alodokter
27 Juni 2020, 05:27
Alo Dok,
Setelah suntik kb bisa muncul efek samping amenorea atau gangguan siklus haid laonnya seperti spotting, durasi haid panjang (lebih dari 8 hari) atau volume haidnya meningkat. Bila memang perdarahannya tdk berhenti, pasien sampai lemas atau pucat baiknya rujuk ke dokter kandungan utk menyingkrkan adanya keluhan ginekologi.

Utk pemanganan sementara boleh diberikan pil estrogen atau turunanya krn estrogen memiliki efek vasokonstriksi, bisa bantu juga dgn pemberian tablet zat besi dan anjurkan makanan yg banyak mengandung zat besi dok.

Bila nanti kondisinya sudah tertangani, mgkn bisa ditawarkan alih kb ke metode lain dgn injeksi 1 bln, pil kb kombinasi atau IUD.

Ref: buku praktik penggunaan kb

Semoga membantu ya dok.
27 Juni 2020, 15:44
Terima kasih banyak dok 🙏
05 Juli 2020, 01:30
dr.Muhadir
dr.Muhadir
Dokter Umum
Terima kasih infonya dok