Efek Samping dan Limitasi Aktivitas Fisik pada Pasien yang Menjalani Radioterapi - Radiologi Onkologi Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

ALO dr. David Andi Wijaya, Sp.Onk.Rad, Ijin bertanya dok. Kira-kira berapa lama seseorang yang mendapat radioterapi mengalami efek samping akibat...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Efek Samping dan Limitasi Aktivitas Fisik pada Pasien yang Menjalani Radioterapi - Radiologi Onkologi Ask the Expert

    12 Juli 2022, 15:05
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    ALO dr. David Andi Wijaya, Sp.Onk.Rad,

     

    Ijin bertanya dok. Kira-kira berapa lama seseorang yang mendapat radioterapi mengalami efek samping akibat radioterapi? Dan apakah ada limitasi aktivitas selama pasien menjalani radioterapi? 

     

    Terimakasih dokter

12 Juli 2022, 15:15
dr.David Andi Wijaya, Sp.Onk.Rad
dr.David Andi Wijaya, Sp.Onk.Rad
Dokter Spesialis Onkologi

Secara teoretis efek samping pada pasien yang menjalani radioterapi dapat terjadi bahkan hingga seumur hidup pasien (misalnya saja keganasan sekunder, walaupun sangat amat jarang terjadi). Secara klinis biasanya efek samping dibagi menjadi dua, yakni efek samping akut yang terjadi hingga 3 bulan setelah radioterapi selesai, atau efek samping kronik, yang terjadi lebih dari 3 bulan setelah radiasi selesai.

Pembatasan aktivitas saat pasien menjalani radioterapi bersifat spesifik bergantung pada kondisi umum pasien dan organ yang terkena kanker / penyakit yang diderita. Misalnya pasien dengan kanker paru cenderung berada dalam kondisi sesak, sehingga dianjurkan tidak melakukan aktivitas yang berat. Atau misalnya pasien dengan kondisi metastasis ke vertebra, dianjurkan berhati-hati menjaga diri agar tidak terjatuh, agar tidak timbul fraktur patologis.

Terima kasih kembali..