Edukasi yang tepat mengenai bersosial media untuk anak remaja - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat pagi, dr. Soeklola, Sp.KJEdukasi apa yang sebaiknya kita berikan kepada anak2 remaja dalam bersosial media yang aman, Dok, yang sekiranya bisa...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Edukasi yang tepat mengenai bersosial media untuk anak remaja

    10 Desember 2020, 09:11
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Selamat pagi, dr. Soeklola, Sp.KJ

    Edukasi apa yang sebaiknya kita berikan kepada anak2 remaja dalam bersosial media yang aman, Dok, yang sekiranya bisa mencegah kearah adiksi dan gangguan kejiwaan akibat komentar-komentar negatif dari user lainnya? bagaimana tipsnya agar orangtua juga dapat tetap mengawasi tanpa menimbulkan perlawanan/reaksi negatif/defensif dari si anak ya, Dok? Terima kasih banyak. 

10 Desember 2020, 09:54
dr. Soeklola SpKJ MSi
dr. Soeklola SpKJ MSi
Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa

Alo dok,

Tentu remaja ini masa yang membutuhkan peer, terutama selama pandemik maka tidak bisa dihindari penggunaan gadget.

Hingga usia 18 tahun, tetap dianjurkan pembatasan penggunaan gadget (hp, komputer, televisi, dan lainnya) untuk kesenangan hanya maksimal 2 jam per hari (tidak dapat diakumulasi).

Sementara penggunaan untuk kepentingan sekolah sendiri tidak memerlukan pembatasan.

Tips yang dapat dilakukan adalah: melakukan "gadget free time"di rumah (artinya baik anak maupun orang tua tidak menggunakan gadget saat waktu tersebut). Waktu ini dapat diisi dengan bermain bersama, olah raga bersama, makan bersama dan kegiatan lain (permainan , dan lainnya).

Sementara untuk komentar negatif, ada baiknya hal ini ditanyakan ke si anak. Ajarkan tentang privasi apa yang boleh dibuka ke media dan dampaknya. Dengan lebih banyak mendiskusikan dua arah (tanpa melabel, menilai dan menghakimi ataupun memutuskan yang baik dan benar) biasanya anak akan lebih terbuka. Lebih banyak pancing anak untuk mengutarakan dampak apa yang terpikir dari kegiatannya.

Semoga membantu