Edukasi aktivitas masturbasi dengan penggunaan obat-obatan psikiatri - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter, izin bertanya TS.Ada user pria bertanya terkait amankah melakukan masturbasi saat menggunakan obat-obatan psikiatrik? Bagaimana edukasi untuk...

Diskusi Dokter

30 April 2021, 13:09

Alo dokter..

Masturbasi tidak memengaruhi efek obat-obatan psikiatrik. Namun, disfungsi seksual dapat saja merupakan efek samping dari antipsikotik dan antidepresan. Sayangnya, disfungsi seksual sering kali tidak dideteksi atau dilaporkan. Hal ini dapat disebabkan oleh:

1. Edukasi pada pasien tidak dilakukan dengan baik tentang disfungsi seksual sebagai efek samping antipsikotik

2. Dokter dan pasien tidak merasa nyaman untuk mendiskusikan hal ini

Disfungsi seksual merupakan penyebab umum pasien berhenti mengonsumsi antipsikotik dan antidepresan.  Pada pria, disfungsi seksual dapat berupa gangguan gairah seksual, disfungsi ereksi, ejakulasi dini, dan anorgasmia. Sedangkan pada wanita, disfungsi seksual dapat berupa penurunan gairah seksual, vaginal dryness, dispareunia, dan tidak adanya atau tertundanya orgasme.

Kita perlu secara aktif mendiskusikan disfungsi seksual dengan pasien yang menerima pengobatan ini dan strategi manajemen untuk memperbaikinya termasuk pengurangan dosis, penggantian obat, meliburkan pengobatan, atau menambahkan reversal agents.

https://www.medsafe.govt.nz/profs/PUArticles/March2015SexualDysfunctionAntidepressantsAndAntipsychotics.htm