DO RICE NO HARM pada penanggan awal cedera olahraga - Diskusi Dokter

general_alomedika

Sering bila ada suatu kejadian cedera pada olahraga, yang dilakukan adalah pijet, padahal pijet tersebut akan menambah parahnya cedera sehingga inflamasi...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • DO RICE NO HARM pada penanggan awal cedera olahraga

    22 September 2018, 00:48
    dr. Ritzky Pratomo Affan Sp.OT
    dr. Ritzky Pratomo Affan Sp.OT
    Dokter Spesialis Ortopedi

    Sering bila ada suatu kejadian cedera pada olahraga, yang dilakukan adalah pijet, padahal pijet tersebut akan menambah parahnya cedera sehingga inflamasi akan bertambah dan pembuluh darah akan menjadi vasodilatasi sehingga keadaan pembengkakan bertambah hebat. Ini adalah tip penanggan awal pada cedera olahraga, yaitu Do RICE No HARM. Disini, kalimat itu terdiri ada awalan kata-kata yang harus kita lakukan bila dapat kasus tersebut, RICE, terdiri dari kata R= Rest (istirahat), I= Icing (diberi Es/yang sifatnya dingin), C= Compresion (dikompres/bebat), E= Elevation (elevasi), sedangkan yang tidak boleh dilakukan adalah H= Heat (diberi yang sifatnya panas), A= Alcohol (Alchohol), R= Running (dilanjutkan kegiatannya setelah cedera), M= Massage (pijet),

22 September 2018, 06:52
Terima kasih infonya, dok.. saya ingin sharing sedikit, kemarin ada diskusi jg sama teman.. ternyata yg buat mnemonic ini, yaitu dr.Mirkin, belakangan ini justru menyangkal teorinya sendiri.. Krn menurut beliau, ternyata Ice itu menghambat inflamasi, padahal inflamasi dibutuhkan untuk proses penyembuhan.. Sehingga rekomendasi beliau saat ini, es boleh digunakan untuk penanganan akut saja, dengan cara 10 mnt kompres es, dijeda 20 menit, lalu kalau mau boleh kompres lg 1-2x.. Tapi es ini udah ga bermanfaat lg kalau injury sudah >6jam.. Bahkan sbnrnya warming bermanfaat sebelum seorang atlet return to play, krn ice packs justru menurunkan speed, strength, dan endurance atlet2 ini.. selain itu obat2 antiinflamasi spt NSAID dan steroid jg not recommended krn bisa block inflammation, sedangkan inflammation ini necessary untuk penyembuhan.. ini dari yg saya baca sih, dok..
kalau menurut dokter bagaimana, di ilmu orthopaedi sendiri apakah ada modifikasi2 jg terkait do RICE no HARM ini, dok? Thanks..
ohya berikut saya lampirkan artikel dr.Mirkin:
www.drmirkin.com/fitness/why-ice-delays-recovery.html
22 September 2018, 08:35
Alo dokter!
Thankyou for sharing!
22 September 2018, 11:25
terimakasih dok atas sharing dan diskusinya­čĹŹ
24 September 2018, 10:06
dr. Andre
dr. Andre
Dokter Umum

Menambahkan sedikit dok. Saat ini RICE sudah ditambahkan menjadi PRICE. P di sini adalah Protection yang dapat berarti membatasi penggunaan bagian yang cedera atau penggunaan bidai, bandage, atau crutches (tongkat kruk).