Denyut jantung janin yang normal dan yang harus diwaspadai saat berpuasa - Obgyn Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Adhitya Indrapraja, Sp.OG, M.Kes., izin bertanya dokter.Berapakah denyut jantung janin yang normal secara umum, dan berapa yang harus diwaspadai saat...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Denyut jantung janin yang normal dan yang harus diwaspadai saat berpuasa - Obgyn Ask the Expert

    23 April 2021, 14:04

    Alo dr. Adhitya Indrapraja, Sp.OG, M.Kes., izin bertanya dokter.

    Berapakah denyut jantung janin yang normal secara umum, dan berapa yang harus diwaspadai saat seorang ibu hamil memutuskan untuk berpuasa?

    Terimakasih sebelumnya dokter atas informasinya.

23 April 2021, 14:30
dr. Adhitya Indrapraja
dr. Adhitya Indrapraja
Dokter Spesialis Kandungan

Alo dr. Nurul...

Denyut jantung janin bisa kita dengar dan hitung dengan menggunakan alat2 spt Laenec, Doppler, USG dan bahkan dengan alat Cardio Toco Grafi (CTG).

Secara umum denyut jantung janin normal berkisar antara 120-160 x/menit, WHO menyebutkan range normal DJJ antara 110-160 x/menit. Pada kondisi2 tertentu seperti kondisi demam, dehidrasi  dll, denyut jantung janin dapat meningkat menjadi 170-180 x/mnt dan bila keadaan ini tidak cepat diatasi maka bisa berbahaya terhadap kesehatan janin. Puasa secara umum diperbolehkan pada ibu hamil selama kondisi ibu dan kehamilannya baik2 saja, tidak terdapat penyulit dan komplikasi pada kehamilannya, dan dipastikan kebutuhan cairan, kalori dan asupan makro dan mikro nutrien tercukupi secara seimbang. 

 

Apabila ibu hamil tidak dapat menghitung detak jantung janin karena memang tidak tersedia alat2nya maka bisa kita sarankan pada bumil yang sudah memasuki trimester akhir untuk rutin menghitung tendangan janin ( fetal kick count) saat setelah makan malam. minimal 1 jam 1 kali tendangan itu sdh baik dan dianggap normal..

semoga bermanfaat....

23 April 2021, 14:39
Baik dr. Adhitya, terimakasih banyak atas informasinya 🙏