Pasien perempuan usia 17 tahun dengan keluhan terdapat daging yang tumbuh pada area dada - Diskusi Dokter

general_alomedika

AlodokterIzin share kasus, pasien perempuan umur 17 th datang dengan keluhan pada dada pasien muncul daging yang tumbuh yang dialami sejak 3 bulan yang lalu,...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien perempuan usia 17 tahun dengan keluhan terdapat daging yang tumbuh pada area dada

    10 Juni 2020, 13:59

    Alodokter

    Izin share kasus, pasien perempuan umur 17 th datang dengan keluhan pada dada pasien muncul daging yang tumbuh yang dialami sejak 3 bulan yang lalu, keluhan ini sudah sering dialami pasien, awal pertamakali muncul di dada tengah bagian atas kemudian sampai kebagian dada bawah. awalnya keluhan hanya berupa rasa gatal kemudian muncul daging yg menimbulkan bekas seperti keloid pada dada pasien yg sdh mengering. Keluhan ini kadang hilang kemudian muncul kembali. Riwayat operasi (-), riwayat alergi(-) riwayat pemakaian obat tertentu(-). GDS : 70 mg/dl. Keluhan sperti ini menurut pasien sdh hampir 1 tahun yang lalu. 



    Diagnosa sementara:

    Keloid dengan infeksi sekunder dd soft tissue tumor ? 


    Terapi:

    Antibiotik

    Analgetik

    Debridement luka


    Apa yang menyebabkan sehingga luka pd dada pasien tersebut muncul kembali? 

    Apakah ada sejawat lain yg pernah mendapat kasus yang sama ? 



    Mohon jika ada pendapat lain dari sejawat. Trmksh

10 Juni 2020, 14:32
dr. David, Sp.B, FINACS
dr. David, Sp.B, FINACS
Dokter Spesialis Bedah
Alo dokter!
Bila dilihat dari foto dan keterangan anda, kondisi ini lebih condong ke granuloma. Granuloma itu terjadi akibat pembentukan jaringan granulasi berlebihan, bisa akibat infeksi yg tdk diatasi dgn baik seperti pada kasus tb ataupun infeksi jaringan lunak. Kondisi ini biasanya ditandai dgn lesi berair dan sering keluar cairan kekuningan, dan kadang berbau. Anjuran saya, lakukan kultur resistensi antibiotik, dan pemberian antibiotik definitif, rawat lukanya setiap hari dengan cuci lukanya dengan cairan infus NaCl 0.9 %, keringkan dan oleskan madu atau hydrogel, tutup kassa dan plaster kencang. Dan bila tidak berespons baik, maka bisa dirujuk ke dokter spesialis bedah utk tindakan debridement dan tutup defek. 
Semoga bermanfaat! 
10 Juni 2020, 20:10
Terimakasih dok, sangat membantu
10 Juni 2020, 23:30
Terima kasih dok atas share case dan jawabannyaa dok 🙏🙏
11 Juni 2020, 11:02
Terima kasih dokter atas sharingnya🙏