Pasien laki-laki usia 25 tahun dengan keluhan cracked heel pada kedua kaki - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter.Izin konsulLaki laki usia 25 tahun. Datang dengan keluhan kedua telapak kaki pecah pecah, hal ini telah dialami os +/- 1 tahun ini. Os telah...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien laki-laki usia 25 tahun dengan keluhan cracked heel pada kedua kaki

    22 Oktober 2020, 11:09
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dokter.

    Izin konsul

    Laki laki usia 25 tahun. Datang dengan keluhan kedua telapak kaki pecah pecah, hal ini telah dialami os +/- 1 tahun ini. Os telah beberapa kali berobat, namun setelah pengobatan, biasanya keluhan kaki pecah-pecah timbul kembali. Gatal (-). Keluhan lain (-). Os sehari hari bekerja di toko ponsel dan dalam kegiatan sehari hari menggunakan sendal.

    Rpo : carmed 20

    Mohon advice nya dok.

22 Oktober 2020, 11:24
Coba pakai pelembab / body barrier / sejenisnya dok, harganya beragam dari yg murah sampai mahal, biasanya semakin mahal semakin baik hasilnya. Perlu digali apakah os suka berkeringat atau kakinya sering basah, karena iya mungkin bisa edukasi pakai kaos kaki biar tidak kering. Pelemban juga sebaiknya digunakan sebagai pencegahan bukan terapi ya dok. Bila tidak membaik bisa konsultasi ke dokter kulit.
Pernah liat teman perempuan ada yg pakai sejenis masker kaki itu bisa juga dok.
22 Oktober 2020, 12:41
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum
Baik dok. Terimakasih byk dok
23 Oktober 2020, 04:36
Setuju dengan dr. Yohanes, lalu bisa ditambahkan dengan rutin menggunakan body lotion pada seluruh kaki mulai dari punggung kaki ke atas (bukan hanya ditelapaknya). Karena itu sangat membantu untuk menjaga kelembapan.
23 Oktober 2020, 05:13
Setuju dok..
Mungkin ada tambahan edukasi lain yakni pastikan sabun yg digunakan pun juga mengandung pelembab atau moisturizer untuk mencegah terjadinya keluhan kulit kering kembali.
Edukasi pula mengenai konsumsi air tuk membantu kelembaban kulit.
Dapat pula dgn penggunaan kaos kaki untuk sementara waktu agar mengurangi gesekan terus menerus pada daerah kulit kaki yg kering, sehingga kelembaban yg telah diberikan melalui body lotion dpt bekerja maksimal.
Semoga membantu 😊🙏🏻
23 Oktober 2020, 10:39

Perlu juga dipikirkan untuk menghindari faktor resiko penyebab cracked heels,apabila keluhan seperti ini berulang terus menerus

Faktor penyebabnya : Berada pada daerah beriklim kering dan atau panas, Sering tidak menggunakan alas kaki bila berjalan, Sering beraktivitas dengan berdiri untuk waktu yang lama apa lagi menggunakan alas kaki yang keras, Obesitas, yang dapat menekan dan mendorong deposit lemak pada tumit ke arah sisi kemudian mendorong kulit hingga retak, Malnutrisi, Obat-obatan golongan diuretik, Kaki yang kapalan dan ditumbuhi mata ikan (corn & callus), Dermatitis, terutama yang atopik dermatitis, Plantar psoriasis, Plantar keratoderma, Kelanjar keringat yang tidak aktif, Formasi abnormal dari lapisan keratin kulit (dyskeratosis), Hypothyroidism, dan Diabetes mellitus

Semoga membantu