Cara jitu anestesi lokal untuk roserplasti - Anestesi Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

ALO dr. dr. Andrian SpAn, bagaimana cara anestesi lokal yang baik untuk tindakan rosesplasti atau cabut kuku, terutama pada pasien laki-laki yang besar?Saya...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Cara jitu anestesi lokal untuk roserplasti - Anestesi Ask the Expert

    13 April 2022, 15:46

    ALO dr. dr. Andrian SpAn, bagaimana cara anestesi lokal yang baik untuk tindakan rosesplasti atau cabut kuku, terutama pada pasien laki-laki yang besar?

    Saya pernah mendapatkan pasien yang masih mengeluh kesakitan setelah diberikan anestesi blok dan intrakutan di sekitar kuku.

    Terimakasih

13 April 2022, 15:55

Alo dr Hudiyati, 

untuk kiat - kiat melakukan anestesi pre roserplasty saran saya : 

1. sesuaikan dosis yang digunakan (kebiasaan di lapangan 1 ampul lidocaine [40mg] cukup, sedangkan untuk berat badan 60 kg saja dosis maksimal adalah sebesar 300mg)

2. tunggu onset obat bekerja dengan baik, onset lidocaine adalah sampai dengan 5 menit 

3. lakuakn penyuntikan dengan tepat lokasi, apabila tidak yakin, dbisa dilakukan dengan menyuntik melingkari ruas jari yang akan dilakukan tindakan. alangkah bagusnya apabila dilakukan dengan guiding USG. 

4. apabila masih gagal, dapat diulang kembali penyuntikannya, atau naik ke blockregional yang lebih tinggi, bila kasusnya roserplasty dapat dnaik ke ankle block. 

5. apabila masih belum dirasa PEDE melakukannya, dapat dibarengi dengan pemberian sedatif / hipnotif dosis kecil gaar pasien merasa nyaman.

semoga membantu, terima kasih  

13 April 2022, 19:08
Terimakasih dokter andrian Edukasi nya 🙏🏻
13 April 2022, 19:29
Mantab. Terima kasih Dok🙏
13 April 2022, 20:00
dr. Irma Yuhesti
dr. Irma Yuhesti
Dokter Spesialis Farmakologi Klinik
Bismillah...izin ikut berdiskusi dok...pengalaman saya kalau memakai lokal anestesi paten dalam bentuk ampul yang isinya sedikit lebih nyaman utk pasien daripada yang berbentuk vial isinya banyak...potensinya beda...mohon koreksi bila ada kekeliruan...