Bukti ilmiah dibalik cold bath untuk recovery atlit - Olahraga Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Alvin, Saat menonton olimpiade saya temukan bangak atlit yang melakukan cold bath pasca pertandingan. Sebenarnya apa bukti ilmiah dibalik teknik...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Bukti ilmiah dibalik cold bath untuk recovery atlit - Olahraga Ask The Expert

    03 Februari 2021, 13:51

    Alo dr. Alvin, 

    Saat menonton olimpiade saya temukan bangak atlit yang melakukan cold bath pasca pertandingan. 


    Sebenarnya apa bukti ilmiah dibalik teknik muscle recovery ini? Berap derajat kah yanh baik untuk muscle recovery ini? 


    Dan pertanyaan kedua, apakah betul menongsumsi susu coklat lebih cepat mengembalikan muscle performance dibanding simple carbohydrates seperti pisang? 


    Terima kasih dok. 

03 Februari 2021, 14:21
Alo Dok!
Terima kasih atas pertanyaannya. Untuk treatment recovery yang dimaksud dalam artikel-artikel ilmiah Sports Medicine sering dikenal sebagai Cold Water Immersion atau Ice Bath, dari beberapa jurnal dan panduan ACSM, NATA, kisaran untuk CWI berada di rentang 12-15°C. Tujuan dari CWI ini salah satunya yang cukup penting adalah menurunkan inflamasi post exercise, sehingga proses recovery dapat berjalan dengan lebih mudah.
Untuk nutrisi, saya akan mencoba menjawab dengan kapasitas sports nutrition dari background profesi saya, mohon koreksi sejawat bila belum tepat, khususnya sejawat Spesialis Gizi Klinik. Kecepatan penyerapan tergantung dari jenis dan konsentrasi masing-masing zat, suhu dingin/sejuk akan mempercepat proses penyerapan, zat pati (stratch) akan lebih cepat diserap daripada glukosa, prinsip-prinsip tersebut yang saya gunakan dalam praktis klinis, sehingga konsumsi pisang dengan tingkat kematangan yang sesuai (biasanya yang belum terlalu matang) akan lebih bermanfaat karena penyerapan zat patinya tersebut. Kemudian jenisnya juga mempengaruhi, jenis pisang carvendish dan pisang ambon dinilai lebih memiliki kecepatan penyetapan yang lebih optimal. Susu coklat, mungkin menjadi sulit dinilai konsentrasi masing-masing penyajiannya yang dapat memberikan efek berbeda. CMIIW. Hal detail dalam olahraga prestasi menjadi penting, karena berbeda 1 detik atau pun seper sekian detik dapat mempengaruhi hasil/rekor. Semoga membantu. Terima kasih.