Keamanan konsumsi buah anggur dalam kehamilan - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat sore TS, ijin bertanya apakah buah anggur tidak dianjurkan dikonsumsi dalam kehamilan? Dari beberapa sumber yang saya baca terdapat pro dan kontra....

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Keamanan konsumsi buah anggur dalam kehamilan

    22 Desember 2018, 17:06

    Selamat sore TS, ijin bertanya apakah buah anggur tidak dianjurkan dikonsumsi dalam kehamilan? Dari beberapa sumber yang saya baca terdapat pro dan kontra. Baik dari kandungan gula yang tinggi sehingga meningkatkan risiko diabetes gestasional dan jika dikonsumsi pada trimester akhir dapat membuat bayi lahir besar. Selain itu kandungan resveratrol dalam anggur tidak baik untuk janin. Apakah pengaruh resveratrol thdp janin? 

22 Desember 2018, 18:31
Selamat malam Dok,  saya sempat membaca beberapa sumber namun belum ada penelitian yang benar- benar melarang konsumsi anggur pada kehamilan, namun mungkin konsumsi suatu bahan yang berlebihan tentu tidak baik ya Dok, untuk resveratrol juga belum diketahui efek negatif pastinya untuk janin pada saat kehamilan Dok berikut link yang mungkin dapat membantu di link nya dilakukan pemberian supplementasi langsung resveratrol namun pada non human primata Dok https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4021444/
 mungkin ada ts lain yang ingin menambahkan 
22 Desember 2018, 18:51
Halo dok. Terkait kandungan gula pada anggur, setelah saya coba cek di web USDA (United States Department of Agriculture ) memang sedikit lebih banyak dibandingkan beberapa buah lain. Namun, saya belum menemukan artikel ilmiah mengenai pengaruh kandungan gula pada buah-buahan terhadap kehamilan. Secara umum gula pada buah tidak membuat tubuh rentan terkena diabetes dibanding bentuk gula lain seperti sukrosa atau glukosa, walaupun untuk orang dengan diabetes konsumsi gula secara umum perlu pembatasan.

Untuk resveratrol, saya menemukan beberapa artikel yang mungkin bisa dijadikan referensi.

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4021444/
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5843748/
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4065350/

Dari artikel di atas, saya menemukan beberapa poin:
1. Resveratrol menurunkan BB maternal saat dikonsumsi selama kehamilan, memperbaiki kerja insulin, menjaga aliran darah pada uterus, dan mengurangi inflamasi pada plasenta.
2. Resveratrol meningkatkan massa pankreas janin
3. Resveratrol meningkatkan sensitivitas insulin pada janin, mengurangi berat badan dan lemak subkutan-viseral, mencegah stres oksidatif dan apoptosis pada embrio, mengurangi risiko hipertensi saat dewasa
4. Polifenol secara umum (resveratrol merupakan salah satu jenis polifenol) menyebabkan gangguan sirkulasi pada duktus arteriosus janin. 

The evidence already available recommends (Class II, level A) a note of caution with regard to the consumption by women in the third trimester of pregnancy of foods with high concentrations of polyphenols, to avoid triggering constriction of ductus arteriosus, with its potential harmful consequences, such as fetal and neonatal heart failure and pulmonary arterial hypertension of the newborn.

Mungkin ada dokter yang punya informasi/lebih paham mengenai hal ini, atau jika saya ada yg keliru mohon diperbaiki. 

22 Desember 2018, 21:03
Informasinya sangat menarik Dok