Pasien dengan keluhan terdapat benjolan yang nyeri jika tertekan pada palatum durum - Diskusi Dokter

general_alomedika

alodokter. izin beratanya ts kalau ada benjolan lunak di palatum durum yg sakit kalau di dorong lidah. mengarah ke mana ya ?

Diskusi Dokter

30 Agustus 2020, 16:22
Salah satu kemungkinan diagnosis nya adalah torus palatinus
30 Agustus 2020, 20:21
Setuju Torus palatinus biasanya konservatif, tetapi jika mengganggu bisa tindakan pendapat saya
30 Agustus 2020, 21:27
Benjolan dengan konsistensi yang lunak dan nyeri dapat disebabkan infeksi dari gigi (odontogenik) yang mengalami perluasan ke permukaan yang lebih rendah apikal gigi.

Namun ada kemungkinan variasi anatomis yang dapat ditimbulkan tekanan dan pertumbuhan rahang yang membentuk jendolan pada palatum yang menimbulkan torus palatinus. 
30 Agustus 2020, 21:51
Mungkinkah kista nasopalatinus dok? 
31 Agustus 2020, 10:31
drg. Akhsanal Fauzi Sp.BM
drg. Akhsanal Fauzi Sp.BM
Dokter Gigi Spesialis
Tentunya dibutuhkan pemeriksaan subyektif dan pemeriksaan lngkap serta penunjang utk memastikan diagnosa dan diagnosa banding kondisi benjolan dipalatum. Krn benjolan bisa murni dari jaringan lunak atau bisa krn jaringan keras dibawahnya, serta faktor infeksi yg terjadi sebelumnya jg harus dipastikan. Dan tanpa penjelasan tersebut kemungkinannya bs sangat luas, mulai dari abses palatum krn infeksi odontogen; kista rahang; torus palatinus hingga neoplasia lain yg sering terjadi palatum diantaranya pleomorfik adenoma
31 Agustus 2020, 11:49
Ijin ikut diskusi dok. Kebetulan sy dpt pasien dg keluhan serupa, jika mendapat pasien spt ini di FKTP, selain anamnesis lengkap dan pemeriksaan fisik, pemeriksaan penunjang spt apakah yg perlu dilakukan, serta terapj awal yg bisa diberikan apa saja? Haruskah utk kontrol kedua kalinya pasien dirujuk ke dokter gigi atau bagaimana? Mohon penjelasan. Terima kasih
31 Agustus 2020, 17:03
Penanganan pada kondisi covid dalam bidang Kedokteran Gigi tetap mengikuti protokol tindakan yang meminimalkan adanya kontak cairan yang menimbulkan aerosol.

Merujuk ke dokter gigi sebagai tindak lanjut apabila didapatkan kondisi infeksi yang memberat ditandai dengan penurunan status KU pasien, infeksi mengganggu sauran pernadasan, peningkatan rasa nyeri yang tidak memadai dengan premedikasi maka dapat dilakukan dengan KIE yang memadai bagi pasien dan dokter gigi yang akan menangani.
31 Agustus 2020, 23:07
drg. Akhsanal Fauzi Sp.BM
drg. Akhsanal Fauzi Sp.BM
Dokter Gigi Spesialis
Utk penunjang yg dibutuhkan tentunya sesuai dng hasil pemeriksaan klinis yg dokter butuhkan, juga berkaitan perawatan awal yg harus diberikan saat kunjungan kedua. Pemeriksaan klinis tentunya harus membedakan apakah kecurigaan mengarah pada kondisi infeksi terutama abses palatum atau kecurigaan mengarah pada neoplasia atau kelainan jaringan keras gigi. Krn untuk abses palatum kemungkinan dibutuhkan insisi drainage abses dan eradikasi fokus infeksi segera, sedangkan jika ternyata mengarah pada neoplasia maka mungkin fokusnya pada melengkapi penunjang dan merujuk kepada spesialis yg kompeten. Namun secara umum rontgen panoramik dan watera dibutuhkan sebagai penunjang, dan dokter bisa merujuk ke spesialis bedah mulut atau spesialis bedah utk perawatan lbh lanjut 
01 September 2020, 10:15
Terima kasih atas masuka nya dok. 🙏