Benjolan di lidah, mungkinkah suatu keganasan - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter, izin bertanya.Seorang laki-laki berusia 46 tahun mengeluhkan adanya benjolan di lidah yang membesar perlahan dalam setahun terakhir, ada rasa...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Benjolan di lidah, mungkinkah suatu keganasan

    26 Juli 2021, 16:44

    Alo dokter, izin bertanya.

    Seorang laki-laki berusia 46 tahun mengeluhkan adanya benjolan di lidah yang membesar perlahan dalam setahun terakhir, ada rasa sakit saat mengunyah dan menelan makanan.

    Awalnya berupa sariawan, lalu muncul benjolan, dan makin besar. Pasien tidak mengeluhkan adanya gejala penurunan berat badan secara drastis, benjolan di tubuh, ataupun keringat malam.

    Pasien belum pernah berobat sama sekali karena khawatir akan pandemi..

    adakah kemungkinan ini suatu keganasan?

    Terimakasih sebelumnya.

26 Juli 2021, 17:04

Alo dr. Nurul, coba ikut berdiskusi ya dok. Dari keluhan benjolan yang pembesaran semakin progresif disertai nyeri mungkin dapat dicurigai sebagai keganasan dok. Tentu juga perlu digali keluhan kemungkinan lain ke arah infeksi atau radang misalnya apakah ada, jika tidak ada infeksi akut, dan keluhan sudah dialami sejak lama dan semakin membesar perlu dicurigai sebagai suatu keganasan. Mungkin lebih lanjut dapat dirujuk ke dokter spesialis bedah mulut dokter. 

Semoga dapat membantu, turut menyimak juga diskusi TS lainnya, CMIIW terima kasih

26 Juli 2021, 17:34
Baik dr. Olvy, terimakasih atas informasinya dokter😊🙏
26 Juli 2021, 19:08
Sariawan yang menetap lebih dari 3 minggu perlu dicurigai mengarah suatu keganasan.
Tanda2x klinis ca lidah :
1. Sariawan menetap lebih dari 3 minggu
2. Pergerakan lidah terbatas
3.perubahan konsonanApabial ditemukan kondisi tersebut, rujuk ke Sp.B.Onk
26 Juli 2021, 19:13
Baik dokter Rochman terimakasih banyak untuk informasinya 🙏
26 Juli 2021, 19:53
drg. Asnul Arfani, Sp.BM
drg. Asnul Arfani, Sp.BM
Dokter Gigi Spesialis
Selamat malam, alo dr.nurul. 
Saya coba bantu jawab ya. Bila dilihat dari lokasi anatomis benjolan ini berada pada area tonsil lingualis lateral dan terjadi unilateral enlargement. Menurut literatur apabila pada tonsil lingualis terjadi unilateral enlargement mengarah ke malignancy yaitu suspek non hodgkin lymphoma atau squamous cell carcinoma. Namun tidak menutup kemungkinan itu hanya sebagai tumor jinak. Karena ciri cirinya juga terlihat seperti adenoma Pleomorphic (kasus jarang) dan fibroma pada lateral lidah. Maka sebaiknya di sarankan untuk dirujuk ke dokter bedah mulut untuk dilakukan biopsi terlebih dahulu ya dok. Semoga membantu doc 🙏🏼🙏🏼
26 Juli 2021, 19:55
Sangat membantu untuk informasinya dok, terimakasih banyak dokter Asnul 🙏🙏
26 Juli 2021, 20:05
dr. Rano Aditomo, Sp.THT-KL
dr. Rano Aditomo, Sp.THT-KL
Dokter Spesialis THT
Alodokter, kalau dilihat dri gigi geliginya, sepertinya oral hygiene kurang bagus. Gigi yg tajam mnyebabkan lidah sering tergigit, merupakan faktor resiko terjadinya keganasan. Namun saya pernah mendapatkan pasien dengan keluhan benjolan dilateral lidah, mudah berdarah, nyeri, dan konsistensinya keras, namun hasil PA menunukkan Granuloma Traumatik. Tapi kalau dari foto yang dokter share, kemungkinan besar ke arah malignancy.
Untuk kasus seperti ini bisa dirujuk ke dokter THT konsultan Onkologi, dan dilakukan Partial Glossectomy / Hemiglossectomy.
26 Juli 2021, 20:58
dr.Suyanti Sp T.H.T.K.L
dr.Suyanti Sp T.H.T.K.L
Dokter Spesialis THT
Alo dok..sependapat dengan dr Rano Sp, THT-KL . massa dilateral lidah, dan terlihat berdungkul2 seperti foto diatas,  kemungkinan kearah suatu malignancy.. untuk memastikan perlu tindakan biopsi, dan bila memang tebukti suatu keganasan dpt direncanakn tindakan glossectomy dengan atau tanpa neck dissectionTerima kasih
26 Juli 2021, 21:01
Baik dr. Rano dan dr. Suyanti, terimakasih banyak atas masukannya dokter, sangat bermanfaat 🙏🙏