Pengobatan yang tepat untuk menangani benjolan di kepala disertai rasa nyeri dan gatal pada anak usia 5 tahun - Diskusi Dokter

general_alomedika

Pengobatan yang tepat

Diskusi Dokter

03 Januari 2020, 18:11

Alo Dok,

Bisa lebih dijelaskan, benjolan pada pasien usia berapa? sejak kapan benjolannya muncul? apakah timbul akibat benturan? bagaimana karakteristik benjolan dan lokasinya? Apakah ada gangguan (sakit kepala, demam, mual muntah, diplopia)? Terapi apa saja yang sudah diberikan?

03 Januari 2020, 19:44
dr. Katherine
dr. Katherine
Dokter Umum
Maaf dok beluk lengkap. 

Selamat malam dok..izin konsultasi pasien anak usia 5 thn, bb 22 kg dengan benjolan koreng di kepala 2 hari yll. Benjolan mula2 hanya 1 buah kemudian timbul lg 1 buah. Keluhan disertai dengan rasa gatal dan nyeri serta keluar cairan bening dari luka. Riwayat demam, alergi, keluhan di orang sekitar tidak ada. Mohon advis terkait diagnosis dokter? Dan bagaimana terapinya? Terima kasih dok.
04 Januari 2020, 13:29
Alo Dok ,
Untuk gambarnya sebenarnya tidak terlalu jelas. 
Untuk cairan, apakah itu berupa vesikel? Atau krusta?
Riwayat gatal sebelumnya? 
Mungkin dapat disebabkan gigitan serangga? 
Terimakasih
07 Januari 2020, 03:28
Mohon maaf dok, lesinya agak kurang jelas. Namun sepertinya bukan bulla, dan terjadi pada kulit kepala yang merupakan lokasi predileksi dermatitis seboroik. Diagnosis bandingnya bisa psoriasis, impetigo, tinea kapitis, dermatitis atopi, atau dermatitis kontak.
Gatal dan keluar cairan bisa juga disebabkan garukan. Sebaiknya lebih digali faktor resikonya pda pasien.
Penanganan awal bisa dengan kompres air dingin pada lesi, pakai sampo yang ada zinc pyrithione, stop kebiasaan menggaruk-garuk, diberikan salep azole (ketokonazol/mikonazol), atihistamin jika perlu. Pasien dievaluasi perkembangan lesi kulitnya setiap minggu hingga sembuh.