Pasien 3 tahun dengan keluhan terdapat benjol pada mata sejak 20 hari yang lalu - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat pagi, ijin konsul. Pasien 3 thn, bb 12,5 kg dtg dengan keluhan benjolan dibagian mata. Keluhan sudah dirasakan lebih 20 hari, ukuran semakin...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien 3 tahun dengan keluhan terdapat benjol pada mata sejak 20 hari yang lalu

    15 Juni 2020, 08:26

    Selamat pagi, ijin konsul. 

    Pasien 3 thn, bb 12,5 kg dtg dengan keluhan benjolan dibagian mata. Keluhan sudah dirasakan lebih 20 hari, ukuran semakin membesar, tidak nyeri. Riwayat pengobatan 3 hari yg lalu dexa ctm. 

    Mohon advicenya dok, terima kasih 🙏

15 Juni 2020, 09:23

Alo dr. Ica, izin ikut berdiskusi ya dok. 

Berdasarkan foto lesi dan riwayatnya kemungkinan ke arah kalazion ya dok, karena tidak nyeri dan umumnya berupa inflamasi kronik dan obstruksi kelenjar meibom. Kalazion dapat seperti hordeolum internal namun biasanya berlangsung lebih dari dua minggu.

Umumnya kalazion terjadi pada orang dewasa dan berkaitan juga dengan kondisi lain seperti rosasea, blefaritis, mungkin pada anak perlu digali lebih riwayatnya ya dok. Dan mungkin saran selanjutnya bisa dirujuk ke dokter spesialis mata, mengingat keluhan sudah lama dan ukuran semakin membesar, bisa dipertimbangkan pemberian obat atau tindakan selanjutnya dari dokter spesialis mata.

Untuk lebih jelasnya juga bisa dari referensi berikut ini dok https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK499889/

Dari saya mungkin seperti itu dok, mungkin ada TS lain yang menambahkan.. terima kasih.. CMIIW

15 Juni 2020, 21:03
dr.Bonita Asyigah,SpM
dr.Bonita Asyigah,SpM
Dokter Spesialis Mata
Alo dr.ica..

Dari gambar memang kemungkinan kalazion.. bisa jadi saat awal2 benjolan merupakan hordeolum yang disertai keluhan nyeri dan hiperemis.. namun dikarenakan pengobatan tidak optimal sehingga benjolan mengeras dan menjadi kalazion..

Bisa disarankan kompres hangat 3x10 menit ya.. lalu disarankan pemberian kloramfenikol salep mata 3x1 ue dan salepnya diberikan di dalam mata, bukan dioels diluarny ya..

Jika 1 minggu dengan terapi diatas keluhan tidak membaik/benjolan semakin besar, bisa disarankan berobat/rujuk ke dokter spesialis mata..

Terima kasih..