Bayi 4 bulan ASI eksklusif dengan BB stagnan apakah perlu memulai MPASI - Anak Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

ALO, Dr. dr. Meta Herdiana Hanindita, Sp.A(K)..Selamat pagi, Dok. Izin bertanya..Seorang bayi usia 5 bulan mendapatkan ASI eksklusif, memiliki berat badan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Bayi 4 bulan ASI eksklusif dengan BB stagnan apakah perlu memulai MPASI - Anak Ask The Expert

    01 September 2021, 10:32

    ALO, Dr. dr. Meta Herdiana Hanindita, Sp.A(K)..

    Selamat pagi, Dok. Izin bertanya..

    Seorang bayi usia 5 bulan mendapatkan ASI eksklusif, memiliki berat badan yang stagnan setelah sebelumnya telah diukur 2 kali berturut2 (dalam rentang 1 bulan). Kenaikan berat badan sebelumnya relaatif baik, 800-1000 gram per bulan. Bila tidak ada tanda bahaya lain seperti penyakit bawaan dan tidak ada masalah menyusui, apakah MPASI dapat dimulai pada bayi ini, Dok?

01 September 2021, 10:37
dr. Meta H
dr. Meta H
Dokter Spesialis Anak

Selamat pagi dok, 

Berat badan yang stagnan adalah tanda perlambatan pertumbuhan atau faltering. Kita perlu ingat bahwa salah satu syarat pemberian MPASI adalah tepat waktu, yang artinya MPASI harus diberikan saat ASI saja sudah tidak mencukupi kebutuhan nutrisi bayi. 

Jika terjadi faltering, maka yang harus kita benahi terlebih dahulu adalah manajemen laktasinya. Perbaiki posisi dan perlekatan saat menyusu, kemudian kita minta pasien untuk datang kembali dalam 1-2 minggu. Jika bb naik dengan cukup, maka ASI eksklusif dapat kita lanjutkan. Tapi jika bb tetap tidak naik baik, maka ASI dapat dilanjutkan namun harus ditambah. 

Untuk bayi berusia <4 bulan, maka tambahannya berupa ASI donor yang aman, atau susu formula yang higienis. Untuk bayi berusia > atau sama dengan 4 bulan, kita perlu cek dulu. Jika ada tanda siap makan (kepala tegak saat didudukkan, refleks ekstrusi sudah berkurang, ada tanda ketertarikan saat melihat orang lain makan), maka  MPASI boleh dimulai. 

Begitu ya dok, terima kasih.