Penanganan bagaimana yang tepat untuk batuk kronik yang timbul post nasal drip - Diskusi Dokter

general_alomedika

Assalamu'alaikum alodok izin bertanyaSaya seringkali sehabis commond cold kmudian batuk kronik ec PND. Bahkan batuk pernah sampai 3 bulan dengan sekret...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Penanganan bagaimana yang tepat untuk batuk kronik yang timbul post nasal drip

    08 Februari 2021, 19:35

    Assalamu'alaikum alodok izin bertanya

    Saya seringkali sehabis commond cold kmudian batuk kronik ec PND. Bahkan batuk pernah sampai 3 bulan dengan sekret jernih, tanpa febrile, tanpa dyspnea tanpa anoreksia.

    Apapun expectoran yg sy mnum malah memperparah batuk. Minum anti tussif masih blm berani Krn jelas2 ada sekret dan terasa post Nadal drip. Setiap minum antihistamin dan steroid agak mendingan.

    Obat apa yg bs sy konsumsi agar batuknya bs segera hilang dan post Nadal drip nya bs benar2 kering?

    Saya gada ashma, rhinitis, sinusitis, polyp nasi dan pnyakit alergi lainnya.

08 Februari 2021, 22:53
PND umumnya disebabkan adanya gangguan di daerah cavum nasi dan sinus Paranasal, seperti adanya peradangan kronik karena hypersensitivitas,  sumbatan hidung, malformasi organ seperti konkha hypertrophy atau septum deviasi, bisa juga karena adanya massa, terapi di sesuaikan dengan penyebab. sebaiknya dr Fauzan menemui dr THTKL untuk memastikan penyebab agar dapat  menggunakan.pengobatan yang sesuai.
09 Februari 2021, 03:35
dr. Abi Noya
dr. Abi Noya
Dokter Umum

Alo, Dokter,

 

Jika PND yang dokter maksud adalah post nasal drip, maka setuju dengan dr. Budi, untuk kondisi seperti ini mungkin dapat diperiksakan lebih lanjut pada dokter THT untuk memastikan terlebih dahulu apa yang memicu terjadinya PND, terlebih jika keluhan kerap terjadi secara berulang dan terus-terusan menimbulkan keluhan mengganggu. Mengingat keduanya saling berhubungan dan dapat saling memengaruhi. Dengan ditanganinya PND sesuai etiologi, kemungkinan akan membantu penanganan batuk yang juga berkepanjangan, ketimbang terus menerus menggunakan ekspektoran, antihistamin, dan steroid jangka panjang. Namun jika PND yang dokter maksud merupakan paroxysmal nocturnal dyspnea, maka tentu kondisi ini perlu diperiksa dan ditangani lebih lanjut, mengingat adanya kemungkinan causatif lain yang lebih serius. 

 

Berikut beberapa bahan bacaan yang mungkin bisa menjadi informasi:

Post nasal drip and post nasal drip-related cough

Treatments for post nasal drip

Paroxysmal nocturnal dyspnea

Dyspnea, Orthopnea, and Paroxysmal Nocturnal Dyspnea

 

 

CMIIW.