Batuk 1 bulan - Diskusi Dokter

general_alomedika

Seorang laki-laki, 52 tahun. Datang dengan keluhan batuk 1 bulan dan sesak bila aktivitas. Ini hasil foto thoraxnya. Menurut TS, apa kelainan yang ada pada...

Diskusi Dokter

  • Batuk 1 bulan

  •   william
    Anggota

    Seorang laki-laki, 52 tahun. Datang dengan keluhan batuk 1 bulan dan sesak bila aktivitas. Ini hasil foto thoraxnya.

    Menurut TS, apa kelainan yang ada pada foto thoraks tersebut dan pemeriksaan lanjutan apa yang sebaiknya dilakukan?

     

      william
    Anggota

    Tambahan data:

    Pasien merupakan pekerja bangunan yang datang dengan keluhan batuk 1 bulan disertai penurunan berat badan sekitar 10 kg dalam 2 bulan terakhir dan sesak bila aktivitas. Pasien juga mengeluhkan adanya keringat malam hari. Pasien tidur dengan menggunakan satu bantal dan tidak mengeluhkan adanya nyeri dada.

    Pasien merokok 1 bungkus rokok per hari. Riwayat kontak dengan penderita batuk lama tidak jelas, riwayat diabetes dan hipertensi tidak ada, riwayat penggunaan obat antituberkulosis sebelumnya tidak ada.

    Ketika ditanyakan mengenai pekerjaannya, pasien mengaku telah bekerja selama sekitar 30 tahun tanpa menggunakan masker dan alat pelindung diri.

    Dari pemeriksaan fisik pasien, didapatkan ronki basah kasar pada apeks dan basal kedua paru. Lain-lain dalam batas normal.

      dr. Andre
    Moderator

    Dear dr. William,

    Berdasarkan data yang dokter berikan, keluhan pasien mengarah pada suspek TBC. Hasil rontgen berupa infiltrat pada lapang atas paru juga memperkuat dugaan diagnosis tersebut. Untuk itu, diperlukan pemeriksaan sputum BTA untuk menegakkan diagnosis tuberkulosis pada pasien.

    Walau demikian, dokter juga harus memperhatikan dd pada pasien. Salah satu dd yang mungkin terjadi adalah silikosis, mengingat pasien merupakan pekerja bangunan yang sudah bekerja sekitar 30 tahun tanpa menggunakan masker.

    Lakukan pemeriksaan spirometri untuk melihat ada tidaknya penurunan fungsi paru.

      dr. Andre
    Moderator

    Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai tuberkulosis dan diagnosisnya, Anda dapat membaca artikel Alomedika berikut: Tuberkulosis Paru

    Anda juga dapat membaca artikel terkait tuberkulosis lainnya:

    Pengobatan tuberkulosis fase intensif

    Peran IGRA dalam mendiagnosa tuberkulosis laten

    Deteksi dini TBC pada orang dengan HIV/AIDS

    Menangani efek samping terapi tuberkulosis

    Penanganan koinfeksi TB-HIV