Batas maksimal melakukan PET scan - Kedokteran Nuklir Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dok saya ingin bertanya apakah ada batas maksimal bagi seorang pasien dalam menjalankan pemeriksaan PET scan, dalam arti kata, misanya dalam setahun...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Batas maksimal melakukan PET scan - Kedokteran Nuklir Ask the Expert

    30 Mei 2022, 11:30
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dok saya ingin bertanya apakah ada batas maksimal bagi seorang pasien dalam menjalankan pemeriksaan PET scan, dalam arti kata, misanya dalam setahun maksimal amannya berapa kali melakukan pemeriksaan ini ya dok? terimakasih dok

30 Mei 2022, 11:48
dr. Ivana Dewi Mulyanto, SpKN(K), MKes, FANMB
dr. Ivana Dewi Mulyanto, SpKN(K), MKes, FANMB
Dokter Spesialis Kedokteran Nuklir dan Teranostik Molekuler

ALO Dok,

Terima kasih atas pertanyaan yang baik. Hal ini sering diajukan oleh rekan sejawat kemungkinan sehubungan dengan concern masalah radiasi pada pemeriksaan PET scan.

Di guideline Amerika dan Eropa untuk pemeriksaan PET scan tidak tertulis secara eksplisit jumlah maksimal pemeriksaan yang diperbolehkan per tahun. Tidak seperti contohnya pada guideline radiotiroablasi untuk kasus kanker tiroid yang tertulis terapi ulang dilakukan minimal 6 bulan pasca-terapi pertama.

Namun prinsip ALARA (as low as reasonably achievable) harus selalu dipegang untuk setiap pemeriksaan kedokteran yang menggunakan radiasi.

Contoh: pemeriksaan PET scan pada kasus limfoma maligna dapat dilakukan sebelum terapi (baseline), durante terapi (interim), dan pasca-terapi dalam satu rangkaian terapi dengan rentang waktu 3-6 bulan bila diperlukan.