Batas kompetensi USG Kandungan - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat sore teman sejawat semuaMohon izin bertanya mengenai kompetensi USG kandungan pada dokter umum dan bidan. Pada zaman saat ini, USG merupakan salah...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Batas kompetensi USG Kandungan

    01 Januari 2019, 17:31
    dr. Jimmy
    dr. Jimmy
    Dokter Umum

    Selamat sore teman sejawat semua

    Mohon izin bertanya mengenai kompetensi USG kandungan pada dokter umum dan bidan. 

    Pada zaman saat ini, USG merupakan salah satu modalitas pemeriksaan penunjang yang umum dilakukan baik oleh dokter spesialis kandungan atau dokter umum atau bidan. 

    Yang ingin saya tanyakan adalah, sejauh apa interpretasi hasil USG dalam kandungan yang bisa di kemukakan oleh dokter umum atau bidan? 

01 Januari 2019, 19:49
dr.Utomo Budidarmo, SpOG, M.Kes
dr.Utomo Budidarmo, SpOG, M.Kes
Dokter Spesialis Kandungan
Berdasarkan draft pokja usg POGI utk kompetensi usg bagi dokter umum/non spesialis kompetensi dokter umum sebagai berikut:

usg Obstetri utk menentukan hamil/tidak hamil, intra/ekstrauterin, jumlah, hidup/mati, presentasi, biometri (bpd,hc,ac,fl), lokasi plasenta, cairan ketuban (single deepest pocket), Perdarahan antepartum: solusio plasenta atau plasenta previa.

Utk usg ginekologi sendiri karena dipandang tidak ada urgensinya dan mayoritas usg transvaginal, maka penggunaannya masih hanya kompetensi SpOG.

Setelah pelatihan usg dasar utk dokter umum, menurut pendapat pokja kompetensi tidak serta merta didapatkan oleh dokter umum. Untuk mendapatkan kompetensi ini dokter umum harus mengisi logbook dan prasyarat lain yg terverifikasi.

kompetensi hanya pada level membedakan mana yg normal dan abnormal dan bukan utk menegakkan diagnosis, Analisis dan tatalaksana selanjutnya. setiap abnormalitas yg ditemukan wajib dilakukan rujukan ke SpOG

Untuk bidan berdasarkan hasil kongres tahun 2012 kompetensi hanya untuk membedakan posisi janin saja kurang lebihnya, tidak digunakan utk mendiagnosis kondisi tertentu dalam kehamilan. harus melalui proses pelatihan dan usg yg digunakan terbatas pada usg 2 dimensi.
02 Januari 2019, 07:17
dr. Jimmy
dr. Jimmy
Dokter Umum
Terima kasih banyak atas jawabannya dok. Sangat membantu 🙏
02 Januari 2019, 07:20
terimakasihbpenjelasannya dok
02 Januari 2019, 09:30
Terimakasih atas infonya Dok
02 Januari 2019, 07:19
terimakasihbpenjelasannya dokter