Bagaimana protokol therapy tonsillopharingitis pada anak di masa COVID - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo Dok, izin bertanya. Bagaimana protokol penanganan kasus tonsillopharyngitis pada anak di masa pandemi? Apakah pemeriksaan swab atau rt PCR covid 19...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Bagaimana protokol therapy tonsillopharingitis pada anak di masa COVID

    24 Maret 2021, 11:43
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo Dok, izin bertanya. 


    Bagaimana protokol penanganan kasus tonsillopharyngitis pada anak di masa pandemi? Apakah pemeriksaan swab atau rt PCR covid 19 diharuskan?

    Pada kasus seperti ini dengan nyeri skala 5 ke atas apakah perlu pemberian cortikosteroid untuk mengatasi peradangan? 

     Terimakasih.

24 Maret 2021, 12:05
dr.Aprilia
dr.Aprilia
Dokter Umum

Alo dokter Anon, izin ikut berdiskusi ya Dok, mungkin perlu dinilai dahulu, apakah sebelumnya memang memiliki riwayat tonsilofaringitis dan sudah sering berulang? lalu, apakah memang ada faktor risiko untuk terpapar atau terinfeksi covid baik dari pasien dan lingkungan sekitarnya? karena keluhan yang ditimbulkan oleh infeksi covid juga beragam dan dapat serupa dengan keluhan tonsiofaringitis, mungkin perlu dipertimbangkan untuk pemeriksaan swab covid 19 untuk menyingkirkan diagnosis. Untuk pemberian kortikosteroid dikatakan memang dapat digunakan untuk mempercepat hilangnya gejala, tetapi perlu dipertimbangkan untuk risk and benefit pemberian obat tsb dan disesuaikan dengan kondisi klinis pasien. Semoga membantu Dok. Mungkin ada pendapat lain dari TS lainnya? CMIIW.

https://www.alodokter.com/memahami-fungsi-dan-cara-aman-pemakaian-antiseptik-untuk-luka