Bagaimana peranan gargle dan lozenges dalam penatalaksanaan faringitis viral? - Ask The Expert THT - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Yonian, Sp.THT-KL, izin bertanya dokter.Bagaimana peranan gargle atau lozenges dalam tatalaksana faringitis viral? Dan anti nyeri apa yang dapat...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Bagaimana peranan gargle dan lozenges dalam penatalaksanaan faringitis viral? - Ask The Expert THT

    02 Agustus 2021, 11:13

    Alo dr. Yonian, Sp.THT-KL, izin bertanya dokter.

    Bagaimana peranan gargle atau lozenges dalam tatalaksana faringitis viral? Dan anti nyeri apa yang dapat diberikan untuk mengatasi gejala bila paracetamol kurang dapat mengurangi rasa nyeri tenggorokan?

    Terimakasih sebelumnya dokter.

02 Agustus 2021, 13:35

Alo dokter, terimakasih atas pertanyaannya,

 

Beberapa literatur menyebutkan bahwa penggunaan gargle baik yang berbahan dasar alkohol (alcohol-based) atau povidone iodine dapat menghentikan virus untuk berkembang biak dan dapat menurunkan viral load yang terdapat dalam rongga mulut. Di sisi lain, preparat gargle ini pun dapat meminimalisir risiko terjadinya secondary infection yang disebabkan oleh bakteri patogen pada kasus viral faringitis.

 

Hingga saat ini paracetamol merupakan NSAID yang baik untuk mengatasi rasa nyeri pada tenggorok. Dosis paracetamol dapat ditingkatkan jika efek antinyeri masih dirasa belum maksimal (dosis maksimal paracetamol: 3000mg per hari). Penggunaan NSAID jenis lain dapat dipertimbangkan seperti: potassium diclofenac, ibuprofen, aspirin atau asam mefenamat.



dr. Yonian Gentilis Kusumasmara, Sp.THT-KL berpraktik di Rumah Sakit Eka Bekasi

02 Agustus 2021, 14:09
Terimakasih banyak dokter atas informasinya 🙏