Bagaimana Penanganan Cegukan Persisten - THT Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Lenny, Sp.THT-KLSaya ingin bertanya, Dok. Untuk pasien yang mengalami cegukan (singultus) persisten selama >48 jam, bila saat anamnesis pasien...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Bagaimana Penanganan Cegukan Persisten - THT Ask the Expert

    25 Februari 2021, 14:13

    Alo dr. Lenny, Sp.THT-KL

    Saya ingin bertanya, Dok. Untuk pasien yang mengalami cegukan (singultus) persisten selama >48 jam, bila saat anamnesis pasien mengatakan tidak memiliki riwayat penyakit spesifik/tidak mengetahui apa pemicu cegukan persisten tersebut, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang apa yang sebaiknya pertama kali dilakukan? Mengingat kemungkinan etiologinya sangat variatif/luas.

    Kasus seperti apakah yang perlu dirujuk ke dokter spesialis THT atau dokter spesialis saraf?

    Terima kasih Dok.

25 Februari 2021, 23:39
dr. Lenny Anggreani
dr. Lenny Anggreani
Dokter Spesialis THT

Alo dr.Irene, Cegukan yang terjadi terus menerus dan berlangsung lama harus segera dicari penyebabnya. Namun, cegukan terus-menerus yang berlangsung lebih dari dua hari, harus segera dicari penyebabnya. Seringkali penyebab cegukan terus-menerus tidak diketahui dengan jelas. Namun, terdapat beberapa kondisi yang diketahui menjadi kemungkinan penyebabnya seperti : gangguan pada otak, gangguan pada sistem saraf, gangguan pada jantung, gangguan pada rongga dada dan gangguan pada sistem pencernaan.Pemeriksaan fisik yang menyeluruh harus dilakukan serta pemeriksaan penunjang seperti cek laboratorium, tes pencitraan ( rontgen, CT Scan atau MRI), pemeriksaan dengan endoskopi dan pemeriksaan EKG.

Untuk kasus cegukan yang berkepanjangan memang membutuhkan penanganan multidisiplin agar cegukan berhenti atau hilang.