Bab cair dan darah merah segar pada feses - Diskusi Dokter

general_alomedika

Saya memiliki pasien bab cair tapi keluar darah merah segar banyak, tidak bercampur dengan feses tadi pagi, tapi emg bab cair sudah 2 hari yll cuma sekali2,...

Diskusi Dokter

04 Februari 2021, 08:55

Alo dokter, ikut berdiskusi^^

Sepertinya BAB cair yang jarang sejak 2 hari lalu bukan kondisi patologi, mungkin karena dipengaruhi asupan makanan pasien. CMIIW

Sedangkan darah segar pada saat BAB kecurigaan utama sama saya dok, hemorrhoid. Biasanya pemeriksaan rektal, jika tidak dapat dipastikan saya akan rujuk untuk anoskopi atau conoskopi.  

04 Februari 2021, 19:13
Baik terimakasih dokter🙏
05 Februari 2021, 00:52
Halo dr. Ayu, ikut menjawab ya dok, apakah bab cair berdarah pada pasien baru terjadi kali ini? Apakah sebelumnya tidak pernah ad riw bab keras disertai dengan darah ataukah teraba benjolan saat pasien cebok? Biasanya memang kebanyakan kasus bab berdarah merah segar di kaitkan dengan hemorroid, tapi tidak menutup kemungkinan juga penyebab lain misalnya disentri atau kemungkinan terjeleknya adalah kanker kolorectal.
Coba untuk anamnesisnya diarahkan dok untuk menyingkirkan dd kemungkinan lain, kemudian sebelum melakukan penanganan dengan pemberian ab alangkah baiknya kita melakukan pemeriksaan fisik terarah dan pemeriksaan lab untuk mencari causanya, jika betul karena infeksi atau inflamasi maka ab sangat direkomendasikan untuk keadaan ini. Terima kasih, semoga bermanfaat :)