Aviditas TORCH pada ibu post partum IUFD - Diskusi Dokter

general_alomedika

Sore,docs.. ada kerabat yang belum lama ini mengalami partus IUFD. H-2 dinyatakan IUFD,beliau masih kontrol ke Sp.OG dan dinyatakan sehat2 saja kandungannya....

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Aviditas TORCH pada ibu post partum IUFD

    17 Oktober 2018, 15:48

    Sore,docs.. ada kerabat yang belum lama ini mengalami partus IUFD. H-2 dinyatakan IUFD,beliau masih kontrol ke Sp.OG dan dinyatakan sehat2 saja kandungannya. Lalu tiba2 2 hr kemudian pergerakan tdk dirasakan dan janinnya dinyatakan IUFD. Beliau ini bertanya2 apakah kemungkinan penyebab IUFDnya. Lantas dilakukan pengecekan TORCH dan tes aviditas. Saya sudah google2 jg ttg aviditas ini namun masih krg paham,docs.. terutama krn kerabat saya ini aviditasnya tinggi, lalu dari dokter yg menangani dikatakan perlu diterapi dan kontrol angka aviditas berkala dl sblm promil berikutnya. Namun saat dia second opinion ke Sp.OG lain, ada jg yg menyatakan bhw aviditas tinggi menandakan imunitas yg tinggi sehingga tdk perlu diterapi. Mohon bantuannya docs untuk membantu pemahaman saya mengenai aviditas ini dan penanganan yg tepat..

    Thanks ^^

17 Oktober 2018, 16:01
dr. Andre
dr. Andre
Dokter Umum

Dari data CDC, tes aviditas dilakukan bersama dengan tes serologi immunoglobulin untuk menentukan apakah infeksi yang terjadi merupakan infeksi merupakan infeksi yang baru saja terjadi atau sudah terjadi lama sebelumnya. Batas antara aviditas rendah dan tinggi adalah sekitar 3 bulan.

Nah, aviditas sendiri berbicara mengenai kekuatan ikatan antara antigen dan antibodi. Jika infeksi baru terjadi, aviditas masih rendah dan seiring berjalannya waktu, ikatan antara antigen-antibodi ini semakin kuat.

https://www.cdc.gov/rubella/lab/serology.html

https://www.cdc.gov/cmv/clinical/lab-tests.html

17 Oktober 2018, 17:04
Terima kasih tanggapannya, dr.Andre. Terkait dgn terapinya, kira2 bagaimana ya,dok? Apakah aviditas tinggi berarti infeksinya sudah kronik dan perlu dieradikasi sblm promil lagi, atau justru berarti antibodinya sudah terbentuk sehingga tdk perlu talaks?
Dr artikel CDC tsb dikatakan bahwa aviditas lebih bermanfaat bila terdeteksi saat masih rendah di awal kehamilan, apakah berarti aviditas rendah lebih respons terhadap terapi jg ya?
thanks..
17 Oktober 2018, 19:51
dr. Ferry Darmawan, SpOG
dr. Ferry Darmawan, SpOG
Dokter Spesialis Kandungan
Alo Doks.

Hamilnya berapa minggu ya?
17 Oktober 2018, 22:55

dr. Ferry Darmawan, SpOG
Oct 17, 2018 at 19:51 PM

Alo Doks.

Hamilnya berapa minggu ya?

waktu IUFD 37-38 minggu dok..

19 Oktober 2018, 06:10
Dr Ginda Hasian Siregar
Dr Ginda Hasian Siregar
Dokter Spesialis Kandungan

dr. Sherly Desnita Savio
Oct 17, 2018 at 10:55 PM

waktu IUFD 37-38 minggu dok..