Autochatbot dalam Chat Bersama Dokter - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter, seperti TS advisor ketahui, bahwa saat ini terdapat fitur autochatbot yang dimulai sebelum user/pasien memulai konsultasi dengan dokter. Tujuan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Autochatbot dalam Chat Bersama Dokter

    11 Juni 2021, 14:33

    Alo dokter, seperti TS advisor ketahui, bahwa saat ini terdapat fitur autochatbot yang dimulai sebelum user/pasien memulai konsultasi dengan dokter. Tujuan dari fitur ini antara lain mengefisienkan sesi konsultasi yang dibuka dan meningkatkan tingkat kepuasan dari pasien/user. Namun, fitur ini tidak digunakan untuk menggantikan dokter sepenuhnya, sehingga apabila user menginginkan ataupun dari anamnesis yang sudah dilakukan terindikasi risiko tinggi, maka sesi konsultasi dikembalikan kepada dokter advisor.

    Topik autochatbot dipilih sistem berdasarkan keyword yang pasien/user tulis dalam pertanyaannya, tetapi tidak menutup kemungkinan terdapat perbedaan antara topik pertanyaan user dengan topik yang dipilih sistem. Maka dari itu, dokter dapat membaca kembali anamnesis maupun kesimpulan dari autochatbot agar dapat disesuaikan dengan pertanyaan utama pasien/user.

    Jika autochatbot sudah cukup menjawab pertanyaan utama, maka hendaknya dokter dapat menanyakan kejelasan informasi kepada pasien/user tanpa harus melakukan anamnesis ulang. Selanjutnya dokter bisa menjawab pertanyaan sesuai yang diajukan oleh pasien/user. Tetapi, jika menurut penilaian dokter, autochatbot belum menjawab pertanyaan utama, maka hendaknya dokter bisa langsung membuka dengan anamnesis yang relevan secara sistematis.

    Oleh karena itu, masukan dari dokter untuk autochatbot sangat diperlukan agar selanjutnya dapat diperbaiki dan menjadi relevan dengan pertanyaan user/pasien. Apabila dokter memiliki masukan/pengalaman terkait autochatbot, mari kita diskusikan dalam thread ini ya dok.

     

11 Juni 2021, 14:58
dr.Surya Marthias, SpJP, FIHA
dr.Surya Marthias, SpJP, FIHA
Dokter Spesialis Jantung
saya setuju..karena dalam jantung biasanya pertanyaan nyeri karena jantung atau bukan bisa diseragamkan. Karena nyeri khas biasanya 80 persen memiliki karakter sama