Ask the Expert Spesialis Paru di Forum Diskusi Alomedika - Selasa, 4 Mei 2021 - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo Dokter!Program "Ask the Expert" akan berlanjut kembali di forum diskusi Alomedika untuk bidang ilmu Pulmonologi topik kali ini membahas tentang asma pada...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Ask the Expert Spesialis Paru di Forum Diskusi Alomedika - Selasa, 4 Mei 2021

    04 Mei 2021, 09:36

    Alo Dokter!

    Program "Ask the Expert" akan berlanjut kembali di forum diskusi Alomedika untuk bidang ilmu Pulmonologi topik kali ini membahas tentang asma pada dewasa, namun kalau ada topik lain yang ingin ditanyakan. Jangan segan untuk bertanya ya dok. .

    Yuk, catat tanggal dan waktunya!

    - Selasa: 4 Mei 2021

    - Pukul: 11.00 - 13.00 WIB

    - Dokter spesialis: dr. Wirya Sastra Amran, SpP

    Yuk, siapkan pertanyaan-pertanyaan dokter terkait pulmonologi. Pertanyaan akan dijawab secara langsung oleh dokter ahlinya pada jam tersebut.

    Jadi Dokter Andal dalam Genggaman! Salam Alomedika.

     

04 Mei 2021, 09:56

trims infonya 

04 Mei 2021, 10:09

Oke dok, jangan lupa untuk bertanya ya

04 Mei 2021, 10:20
Mohon bertanya, untuk penderita asthma terkontrol sudah 2bln ini (memekai ser.t.de 250/50), apa perlu di tappering off,  andaikan di tappering off, sesak kadang muncul kembali (1-2x dlm seminggu), apa langsung dinaikkan lagi controlernya ke dosis semula? Sampai berapa lama idealnya  pemakaian controler?
04 Mei 2021, 10:55

Alo dr. Sony, 

Dokter bisa bertanya di ask the expert dr. Wirya, SpP pada pukul 11.00 - 13.00 WIB dengan membuat pertanyan di thread alomedika. Klik mulai diskusi baru, dan bertanya. 

 

Terimakasih

 

 

04 Mei 2021, 11:12
dr.Wirya Sastra Amran, Sp.P
dr.Wirya Sastra Amran, Sp.P
Dokter Spesialis Paru
Alo dokter.  Jadi perlu dipahami, Asma merupakan penyakit yang bervariasi/berubah-ubah berkaitan dengan pajanan lingkungan dan kondisi pejamu. Sehingga
perlu dipahami adanya management cycle dalam tatalaksana asma. Yaitu : Assessment, Adjust treatment dan Review Respon. Nah pada kasus ini yg perlu dipahami adalah Review Respon karena terdapat metode Stepping down dan steping up terapi. Sbb :
- Jika terjadi perburukan gejala (salah satu tanda kebutuhan obat pelega > 2x/hari) maka peningkatan dosis pengontrol ICS 2- 4x lipat selama 7-14 hari, kemudian kembali ke dosis/regimen pengobatan sebelumnya (disebut metode short-term Step-Up)
- kemudian yang penting juga perlu dievaluasi perburukan periodik, cari faktor penyebabnya : Kepatuhan,pajanan pencetus,komorbid (GERD,sinusitis), ABPA,infeksi pernapasan, teknik penggunaan inhaler .
Lama pemakaian kontroler sangat bervariasi. Namun prinsipnya :
-  terapi kontroler memberikan efek optimal 3-4 bulan
- Jika telah mencapai asma terkontrol total  (asma stabil) maka pertahankan regimen/paduan pengobatan terakhir
- Pada kondisi terkontrol tetap stabil selama 3-6 bulan maka pengobatan diturunkan bertahap sampai memungkinkan kondisi klinis Px tetap dalam asma stabil tanpa menggunakan lagi inhaler kontrolernya yaa dok.