Kondisi seperti apa pasien diharuskan untuk lasik - Mata Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Utami Noor Syabaniyah, Sp.M,izin bertanya dok, apakah tindakan lasik mempunyai side effect yang signifikan?adakah batasan minus mata untuk tindakan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Kondisi seperti apa pasien diharuskan untuk lasik - Mata Ask The Expert

    09 Juni 2021, 09:59

    Alo dr. Utami Noor Syabaniyah, Sp.M,

    izin bertanya dok, apakah tindakan lasik mempunyai side effect yang signifikan?

    adakah batasan minus mata untuk tindakan tersebut? jika pasien datang ke layanan primer, adakah indikasi tertentu yang bisa kita putuskan untuk menyarankan pasien tersebut melakukan operasi lasik

    terima kasih dokter. 

09 Juni 2021, 10:10

Alo dok, terima kasih pertanyaannya.

LASIK memiliki efek samping terbanyak adalah DRY EYES dan sebagian orang memiliki glare/halo (seperti melihat ada pendaran cahaya bila melihat lampu).

LASIK dapat dilakukan pada pasien:

-usia > 18-21 tahun 

-kelainan refraksi berupa myopia, astigmatisma, hyperopia

-tidak ada riwayat penyakit mata intraokular (katarak, glaukoma, sikatriks kornea, kelainan retina, kelainan saraf mata)

Sebelum dilakukan LASIK, dokter mata akan melakukan skrining terlebih dulu untuk menilai apakah pasien tersebut layak LASIK atau tidak.

Bila dokter ada pasien usia >18 tahun dan menggunakan kacamata karena myopia dan tidak ada kelainan mata lainnya serta  ingin di LASIK, dokter dapat merujuk pasien ke klinik mata yang melakukan LASIK, nanti selanjutnya yang akan melakukan skrining adalah dokter mata yang bersangkutan.

semoga membantu

09 Juni 2021, 10:14

alo dokter, ada sedikit tambahan

LASIK dapat disarankan pada pasien yang mengeluh sudah bosan/ tidak ingin memakai kacamata atau memiliki pekerjaan yang menuntut untuk tidak menggunakan kacamata (misal public figure, olahragawan)