Asam Retinoat Topikal Jangka Panjang - Kulit Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Diah, SpKK, ijin bertanya Dok, sebenarnya penggunaan asam retinoat topikal jangka lama misal 5-10 tahun untuk “mencegah penuaan” itu sebenarnya boleh...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Asam Retinoat Topikal Jangka Panjang - Kulit Ask the Expert

    20 April 2022, 14:16
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dr. Diah, SpKK, ijin bertanya Dok, sebenarnya penggunaan asam retinoat topikal jangka lama misal 5-10 tahun untuk “mencegah penuaan” itu sebenarnya boleh atau tidak, ya Dok? 

    Karena saya melihat banyak di media sosial orang-orang awam yang melakukan “review” penggunaan asam retinoat.. terima kasih Dok..

20 April 2022, 14:40
dr.Diah Puspitosari
dr.Diah Puspitosari
Dokter Spesialis Kulit

Alo dokter, 

Asam retinoat topikal memang bermanfaat utk mengatasi kondisi photodamage atau photoaging. Kita mengenal beberapa jenis asam retinoat topikal. Yang paling sering digunakan adalah tretinoin dengan beberapa konsentrasi yang harus diresepkan oleh dokter, serta retinol yang banyak ditemukan di dalam sediaan kosmetik atau produk OTC. 

Penelitian yang dilakukan terkait penggunaan asam retinoat topikal jangka panjang yang masih dikatakan aman umumnya diberikan dalam jangka waktu sampai dengan 2 tahun. Dalam penelitian ini, penggunaan tretinoin dengan konsentrasi 0,05% dinilai aman dan tidak menimbulkan efek samping. Beberapa efek samping yang mungkin terjadi karena efek keratolitik dari bahan ini yaitu kulit menjadi mudah mengalami iritasi atau kering berlebihan, yang umumnya dapat diatasi dengan penggunaan bahan pelembap yang baik, serta pengaturan konsentrasi. Berikut saya lampirkan 1 jurnal terkait ini utk informasi lebih lanjut, semoga bermanfaat. 

salam sehat 

00128071-200506040-00005.pdf