Penggunaan artificial tears pada orang dewasa - Mata Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Muhammad Syauqie, Sp M(K),Ijin bertanya dok. Saya pernah membaca penggunaan artificial tears yang terlalu sering tidak baik untuk mata. Saya ingin...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Penggunaan artificial tears pada orang dewasa - Mata Ask the Expert

    19 Agustus 2022, 14:25
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dr. Muhammad Syauqie, Sp M(K),

    Ijin bertanya dok. Saya pernah membaca penggunaan artificial tears yang terlalu sering tidak baik untuk mata. Saya ingin bertanya, bagaimana pembatasan penggunaan artificial tears pada orang dewasa?

    Terimakasih dok

19 Agustus 2022, 14:33
dr. Muhammad Syauqie SpM(K)
dr. Muhammad Syauqie SpM(K)
Dokter Spesialis Mata

AloDok,

Terima kasih atas pertanyaannya,

Penggunaan artificial tears yang tidak baik untuk jangka panjang jika artificial tears tersebut mengandung pengawet (yaitu senyawa benzalkonium klorida (BAK). Umumnya digunakan pada sediaan botol, sehingga bisa disimpan hingga 1 bulan. Penggunaan articial tears dengan pengawet tidak boleh lebih dari 4 kali sehari  dan tidak boleh lebih dari 1 bulan.

Namun pada sediaan minidose tidak mengandung senyawa pengawet tersebut sehingga aman digunakan untuk jangka panjang (bisa dipakai seumur hidup). Tapi sediaan minidose hanya bisa disimpan selama 3 hari setelah dibuka. Namun artificial tears sediaan botol terbaru seperti Diquafosol sudah bebas pengawet sehingga aman digunakan jangka panjang. Jadi lebih baik dicek kandungan obat tersebut sebelum digunakan.

Semoga dapat menjawab pertanyaannya ya.