Pasien laki-laki usia 29 tahun dengan daging berwarna putih di dalam rongga mulut - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dok. Izin konsul.Keluhan utama :Laki-laki usia 29 tahun datang dengan keluhan muncul seperti daging berwarna putih di dalam rongga mulutnya yang baru...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien laki-laki usia 29 tahun dengan daging berwarna putih di dalam rongga mulut

    18 April 2022, 09:51
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dok. Izin konsul.

    Keluhan utama :

    Laki-laki usia 29 tahun datang dengan keluhan muncul seperti daging berwarna putih di dalam rongga mulutnya yang baru diketahui sejak 3 hari yang lalu, keluhan tidak disertai nyeri (-), nyeri tenggorokan (-), batuk (-), nafas berbau (-), demam (-), pembengkakan KGB (-), penurunan BB (-).

    Keluhan tambahan :

    Saat yang bersamaan, os juga mengeluhkan munculnya sariawan di bibir bagian dalam sejak 3 hari yang lalu.

    saat di lakukan pemeriksaan : tampak membran berwarna putih didaerah tonsil palatina dextra dengan konsistensi kenyal,jumlah 1. Ukuran +/- sebesar biji jagung. tidak berdarah dan tidak nyeri.

    Rpo : -

    Riwayat alergi : -

    Riwayat sosial ekonomi : os tidak pernah merokok, tidak pernah mengkonsumsi minuman beralkohol dan rutin menggosok gigi 2 x sehari.

    Mohon advice dan tatalaksana lebih lanjutnya dok.

    Foto klinis terlampir

    Terimakasih

    +1
18 April 2022, 12:28

Ini nampaknya mucocele ya Dok ...

Untuk nyeri stomatitisnya mungkin bisa diberikan analgesik dan edukasi rehidrasi, Dok, namun kalau mucocele tetap tidak ada perbaikan bisa dirujuk ke dokter gigi spesialis penyakit mulut. Semoga membantu. 

18 April 2022, 22:05
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum
Trmksh dok..
18 April 2022, 13:29
Alo dok, bisa jadi memang membran atau bisa juga di DD Tonsillolith (Batu Tonsil). Saya setuju seperti dokter sebelumnya, untuk bisa dirujuk ke Sp.THT atau drg. Sp. Penyakit Mulut mungkin dok
18 April 2022, 22:06
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum
Trmksh dok..
18 April 2022, 21:58
Kalau dari tampilan klinisnya Seperti tonsil stone ya dok. Izin menyimak dok.
18 April 2022, 22:07
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum
Apakah jika tidak ada gejala apapun dan jumlah hanya satu wajib dilakukan removal dok ?Dan jika tidak dilakukan removal apa kira2 dampaknya dok ?
18 April 2022, 22:10
Mantap analisane dok 👍🏽
19 April 2022, 07:49
dr.Suyanti Sp T.H.T.K.L
dr.Suyanti Sp T.H.T.K.L
Dokter Spesialis THT
Alo dok
Izin berpendapat..selain tonsilolithiasis atau  batu tonsil...mungkin dapat di DD juga dengan tonsil cyst atau kista tonsil..
Bila memang tidak ada keluhan mungkin sementara belum ada penanganan lebih lanjut... namun bila pasien mengeluhkan rasa tidak nyaman seperti rasa mengganjal dan terasa tidak nyaman saat mengunyah, kista tonsil makin membesar, mungkin dapat dipertimbangkan untuk dilakukan pengangkatan kista tonsil disertai tonsilektomi.
19 April 2022, 10:05
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum
Apakah bisa di dd dengan plaut vincent angina juga dok ? Atau mungkin bisa mengarah ke suatu keganasan juga dok ?Kalau dilalukan pengangankatan, biasanya perawatn rawat inap post op nya berapa hari ya dok ?
19 April 2022, 10:40
dr.Suyanti Sp T.H.T.K.L
dr.Suyanti Sp T.H.T.K.L
Dokter Spesialis THT
Ali dok
Plaunt vincent angina  merupakan suatu  lesi  ulseratif  pada rongga mulut, bisa mengenai daerah tonsil ataupun gusi..  pada kondisi plaunt vincetn Angina tersebut akan tampak jelas adanya ulseratif di daerah tonsil dan biasanya juga disertai keluhan rasa nyeri saat menelan perdarahan dari rongga mulut atau daerah lesiBila suatu kondisi keganasan tonsil biasanya tonsil akan  membesar satu sisi dan permukaan tonsil  keras dan berdungkul2, uvula terdorong kesisikontralateral ..dan juga . juga disertau keluhan lain seperti kesulitan untuk menelan,  penurunan berat badan dalam 3 bulan terakhir,  tidur mendengkur, suara berkumur, Untuk kedua  DD/  di atas sepertinya tidak sesuai drngan  keluhan dan foto orofaring  pada pasien diatasUntjk  tindakan tonsilektomi sendiri, dirawat minimal 3 hari...H +1 operasi, bila tidak ada komplikasi pasca operasi seperti perdarahan, pasien dpt dipulangkan
19 April 2022, 14:19
Alo dokter,
Diagnosis banding lesi papula berwarna putih pada regio tonsil adalah tonsilar cyst dan tonsilolith.Berikut referensi
1. Tonsiloliths
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3920671/2.Tonsilar Cyst
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6039606/
22 April 2022, 07:51

Terimakasih share ilmunya