Apa kontraindikasi dari pembedahan pada abses hepar berat - Penyakit Dalam Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Hendra Gunawan, Sp. PD, izin bertanya dokter.Beberapa hari lalu saya mendapatkan user yang bertanya di chat, user dengan diagnosis abses hepar, gagal...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Apa kontraindikasi dari pembedahan pada abses hepar berat - Penyakit Dalam Ask The Expert

    18 Februari 2021, 15:06

    Alo dr. Hendra Gunawan, Sp. PD, izin bertanya dokter.

    Beberapa hari lalu saya mendapatkan user yang bertanya di chat, user dengan diagnosis abses hepar, gagal dengan terapi medikamentosa sehingga disarankan dokter untuk operasi terbuka drainase abses hepar. Namun setelah pemeriksaan dokter mengatakan pasien tidak bisa dioperasi, namun user tidak diberitahu soal apa yang menyebabkan operasi tidak dapat dilakukan. Kira kira apa saja kontraindikasi dari pembedahan untuk abses hepar dokter di luar hal hal teknis seperti tekanan darah atau kadar gula darah yang harus dikoreksi?

    Terimakasih sebelumnya 🙏

18 Februari 2021, 16:06
dr. Hendra Gunawan, Sp.PD
dr. Hendra Gunawan, Sp.PD
Dokter Spesialis Penyakit Dalam

Alo dokter,

Saat ini kontraindikasi dilakukannya bedah pada abses hepar hanyalah syok dengan kegagalan multiorgan. Selain itu, faktor metabolik lain seperti peningkatan kadar glukosa maupun tekanan darah yang belum terkontrol memang dapat menunda dilakukannya operasi namun bukan menjadi penghalang dilakukan tindakan bedah bila memang telah diindikasikan tindakan bedah untuk terapi absesnya.

 

Sumber:

https://emedicine.medscape.com/article/188802-treatment#d8

18 Februari 2021, 16:07
Baik, terimakasih dokter atas informasinya 🙏🙏