Anjuran pemeriksaan apa saja untuk pasien pasca keguguran - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Cipta, SpOG (K).Izin bertanya dok, pada ibu yang mengalami keguguran, sebenarnya anjuran pemeriksaan apa saja yang dapat kita berikan jika ingin...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Anjuran pemeriksaan apa saja untuk pasien pasca keguguran

    07 Desember 2020, 08:45
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dr. Cipta, SpOG (K).

    Izin bertanya dok, pada ibu yang mengalami keguguran, sebenarnya anjuran pemeriksaan apa saja yang dapat kita berikan jika ingin memulai program hamil kembali? Apakah pemeriksaan seperti faktor trombosis, TORCH, pemeriksaan hormon perlu direkomendasikan bersamaan ataukah pemeriksaan tersebut dilakukan secara bertahap, ya dok misalnya pada ibu dengan riwayat abortus habitualis baru direkomendasikan pemeriksaan tertentu?

07 Desember 2020, 10:01
dr. Cipta Pramana SpOGK
dr. Cipta Pramana SpOGK
Dokter Spesialis Kandungan

ALO Dokter,

Pemeriksaan laboratorium pada ibu yang baru saja mengalami keguguran adalah bila keguguran tersebut terjadi berulang (abortus habitualis). banyak faktor yang mempengaruhi terjadinya keguguran, baik penyakit atau kelainan pada ibu atau gangguan kromosom. Kebanyakan keguguran terjadi karena faktor kromosom. Sehingga untuk mencari penyebab keguguran tidaklah mudah, kecuali bila ibu menderita penyakit tertentu misal hipertensi atau DM.

Pemeriksaan yang saat ini sering dilakukan adalah lab. Toksoplasma, Rubella, CMV, Hepes. Pemeriksaan lainnya atas indikasi.

Demikian, terimakasih.