Anestesi spinal vs anestesi umum untuk pasien geriatri - Anestesi Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

ALO dr. Andrian Yadikusumo, Sp.AnIzin bertanya, Dok. Untuk pasien geriatri yang mengalami hip fracture dan hendak menjalani operasi, apakah anestesi yang...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Anestesi spinal vs anestesi umum untuk pasien geriatri - Anestesi Ask the Expert

    13 April 2022, 15:56

    ALO dr. Andrian Yadikusumo, Sp.An

    Izin bertanya, Dok. Untuk pasien geriatri yang mengalami hip fracture dan hendak menjalani operasi, apakah anestesi yang lebih baik diberikan adalah anestesi spinal atau anestesi umum? Terima kasih, Dok.

13 April 2022, 16:06

Alo dr. Irene

mohon ijin menjawab, untuk operasi Hip fracture sampai saat ini masih sering dilakukan dengan menggunakan anestesi regional (block spinal). Namun, apabila pasien kontraindikasi dilakukan block spinal (pasien tidak sadar, ataupun pasien menolak) maka dapat dikerjakan dengan anestesi umum. 

nah, unutk pertanyaan dr Irene, saat ini terjadi perubahan paradigma bahwa anestesi umum lebih berbahaya pada aspien geriatri dibandingkan dengan anestesi spinal. hal ini dikarenakan kejadian POCD dan angka mortalitas yang tidak diinginkan pasca anestesi umum. 

namun, berdasarkan literatur terbaru, penggunaan anestesi umum masih termasuk aman dilakuakn pada pasien geriatri juga, tanpa adanya perbedaan kejadian POCD dan angka mortalitas nya dengan block spinal. Artikel ini telah dilakukan telaah juga oleh alomedika. 

 https://www.nejm.org/doi/full/10.1056/NEJMoa2113514?query=primary-care-hospitalist

literatur ini banyak dikaji dan sedang dilakukan penelitian lanjutan dengan sampel yang lebih besar yang melibatkan multirasial dan multi centre untuk menentukan kesahihan literatur tersebut. 

semoga membantu. terima kasih