Anestesi epidural dan risiko low back pain - Anestesi Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Aripandi, Sp.AnAda beberapa jurnal lama yang melaporkan bahwa anestesi epidural berisiko menimbulkan low back pain, misalnya pada wanita yang habis...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Anestesi epidural dan risiko low back pain - Anestesi Ask the Expert

    25 Agustus 2021, 14:39
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dr. Aripandi, Sp.An

    Ada beberapa jurnal lama yang melaporkan bahwa anestesi epidural berisiko menimbulkan low back pain, misalnya pada wanita yang habis melahirkan dengan anestesi epidural. Apakah hal ini memang benar, Dok? Atau apakah sebenarnya risiko low back pain pada semua postpartum kira-kira hampir sama terlepas dari metode persalinan/anestesinya? Terima kasih Dok.

25 Agustus 2021, 15:29

Alo Dok,

kasus low back pain pada pasien paska epidural anestesi bisa saja terjadi, namun memang sangat jarang. Karena teknik yang digunakan pada ibu hamil yang akan menjalani operasi dengan teknik epidural anestesi dilakukan insersi kateter epidural didaerah L3-L4 yang secara anatomis cauda equina sudah tidak terdapat lagi didaerah tersebut.

Kemudian insersi kateter dilakukan didalam rongga epidural yang berbeda tempat dengan medula spinalis, sehingga risiko untuk tertusuk saraf ataupun toksisitas obat anestesi langsung ke medula spinalis sangat minim.

saya juga akan share obat anestesi untuk epidural dan beberapa komplikasi yang dapat terjadi akibat anestesi regional.