Analgetik NSAID VS Antispasmodik mana yang paling efektif pada nyeri kolic abdomen organ Viscera berongga - Diskusi Dokter

general_alomedika

Penggunaan Analgetic NSAID VS ANTISPAMODIK Pada nyeri kolic abdomen organ Viscera berongga (Tractus Urinarius, Tarctus biliaris, Tractus digestifus,dll)....

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Analgetik NSAID VS Antispasmodik mana yang paling efektif pada nyeri kolic abdomen organ Viscera berongga

    16 April 2022, 06:41

    Penggunaan Analgetic NSAID VS ANTISPAMODIK Pada nyeri kolic abdomen organ Viscera berongga (Tractus Urinarius, Tarctus biliaris, Tractus digestifus,dll). Manakah yg efikasi baik? Apakah bisa dikombinasi? Apakah ada kontraindikasi jika dikombinasi? interaksi ADME (Absorbsi,Distribusi,metabolisme dan Eksresi) obat nya?

18 April 2022, 07:47

ALO dokter, pengalaman aku hanya memberikan salah satu saja: NSAID atau antispasmodik. Kecuali ada obat yang memang sudah kombinasi antara paracetamol dan hyoscine. 

18 April 2022, 07:51
Terimakasih sharing nya dok...🙏🙏🙏
18 April 2022, 08:25

ALO Dok, ijin ikut berdiskusi ya Dok,

sama seperti dengan dr Hudiyati, saya juga selama ini hanya memberikan salah satu saja, namun menurut literatur, kombinasi antara NSAID dan antispasmodik dapat diberikan. Saya sertakan disini ya Dok sumbernya, untuk bacaan lebih lanjut:

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC8306558/

Saya belum familier dengan penggunaan kombinasi kedua obat tersebut di Indonesia, namun mungkin kalau ada Dokter lain yang sudah berpengalaman?

CMIIW. Semoga membantu. 

18 April 2022, 08:41
Terimakasih Dok ....salam hormat