Anak belum bisa bicara - Anak Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter Yoke, Sp.A, pasien anak usia 3 tahun belum bisa bicara, baru bisa 1 atau 2 kata, ada kontak mata. Bagaimana dokter umum memberikan edukasi...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Anak belum bisa bicara - Anak Ask the Expert

    01 Desember 2022, 17:01
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dokter Yoke, Sp.A, pasien anak usia 3 tahun belum bisa bicara, baru bisa 1 atau 2 kata, ada kontak mata. Bagaimana dokter umum memberikan edukasi mengenai kemungkinan gejala autisme atau hanya kurang stimulasi saja dari orangtua?

    Terimakasih dokter ­čÖĆ

01 Desember 2022, 17:24

Alo dokter, terima kasih atas pertanyaannya.

3 tahun bisa 1-2 kata berarti ada keterlambatan ya. Selalu evaluasi apakah 1. kurang stimulasi tanpa ada masalah serius lain, 2. ada masalah pendengaran, konsul THT dan Cek BERA kalau perlu. 3. adakah masalah perilaku salah satunya autism.

Utk gejala autis dokter bisa searching kuesioner M-CHAT- Revised ya untuk membantu mendiagnosis autis ya.

Utk edukasi ke orang tua bergantung pada diagnosis kita, kalau yakin hanya krn kurang stimulasi maka edukasi utk stimulasi lbh giat. Kalau M CHAT revised nya banyak jawaban ya nya, mungkin autis.

Bila ragu, rujuk segera ke dokter anak ya. Makin cepat intervensinya, makin baik prognosisnya.

Demikian semoga menjawab ya.

02 Desember 2022, 12:41
Alo dokter, sekedar sharing pengalaman dok, dulu anak saya gangguan bicara fungsional karena kurang stimulasi dok. Untuk sampai kearah kesimpulan itu memang saya melakukan beberapa pemeriksaan dok, sy melalukan cek pendengaran dan MCHAT. Beberapa hal sederhana yang bisa menjadi petunjuk sederhana: jika anak bisa menunjuk (resiko autis minimal), jika anak paham perintah (ggn kongnitifnya bisa disingkirkan dulu), jika dipanggil menjawab/menoleh (ggn pendengarannya aman). Karena u/ bicara ada banyak faktor dok: telinga, otak, dan oromotor. CMIIW