Pasien anak usia 24 bulan dengan konstipasi dan BAB berdarah - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alodokter,, ijin bertanya. Anak umur 24 bulan,, sudah beberapa bulan terakhir BAB sering disertai darah dan menangis tiap mau BAB. BAB kadang tiap hari...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien anak usia 24 bulan dengan konstipasi dan BAB berdarah

    14 April 2020, 15:45
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alodokter,, ijin bertanya. Anak umur 24 bulan,, sudah beberapa bulan terakhir BAB sering disertai darah dan menangis tiap mau BAB. BAB kadang tiap hari kadang 2-3hari sekali. Riwayat minum ASI sampai usia 13 bulan berikutnya minum susu formula. Makan sayur kadang mau kadang susah begitu pula buah. Tumbuh kembang anak baik sesuai umur. Mohon saran, btk

15 April 2020, 09:17

Alo dokter!

Pertama, pastikan dulu bahwa kondisi ini adalah konstipasi fungsional dan bukan karena penyebab lain. Konstipasi pada anak dapat menimbulkan manifestasi, seperti sulit BAB, pergerakan usus yang nyeri (sebelum atau saat BAB), feses yang keras, adanya darah pada feses, dan periode 2-3 hari tanpa BAB. 

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasinya:

1. Pastikan anak mendapat asupan serat dan air minum yang cukup

2. Latih anak untuk mengenal sensasi BAB dan toilet training. Hindari memarahi anak jika anak menahan BAB karena hanya akan membuat anak semakin takut untuk BAB. Orang tua dapat memberikan reward kepada anak jika ia bisa BAB dengan baik, atau sekedar dengan melihat toilet, berdiri dekat toilet, atau duduk di atas toilet. 

3. Terapi laksatif dapat juga diberikan untuk mengobati dan mencegah nyeri BAB. Untuk menghindari penggunaan berlebihan, sebaiknya pasien berkonsultasi dengan dokter spesialis anak.

Referensi:

https://pedsinreview.aappublications.org/content/36/9/392

https://emedicine.medscape.com/article/937030-treatment#d11

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5385301/