Konsul pasien ALS dengan perburukan gejala setelah 2 hari pengobatan - Diskusi Dokter

general_alomedika

Pernah dapat pasien penyakit  ALS,hri pertama dan kedua setelah berobat tangan dan kakinya tiba2 kuat kembali diangkat,tpi masuk hari ketiga pasien tersebut...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Konsul pasien ALS dengan perburukan gejala setelah 2 hari pengobatan

    17 Januari 2019, 19:44
    dr.henriyan
    dr.henriyan
    Dokter Umum

    Pernah dapat pasien penyakit  ALS,hri pertama dan kedua setelah berobat tangan dan kakinya tiba2 kuat kembali diangkat,tpi masuk hari ketiga pasien tersebut terasa mual dan muntah2,,,kira2 Krn apa,apa solusi terbaik???

18 Januari 2019, 06:19

Alo dokter!

Mohon maaf, kalau boleh tahu tatalaksana yang diberikan pada pasien saat itu apa saja? Klinis pasien sebelum tatalaksana bagaimana? Apakah ada riwayat trauma atau gangguan lain yg mungkin berhubungan dengan keluhannya?

Secara umum, memang obat antispastisitas yang diberikan pada ALS, misalnya baclofen atau tizanidine, dapat menyebabkan drowsiness, sehingga bisa menyebabkan jatuh, mual, atau muntah. Jika pasien ada sialorrhea dan diberikan amitriptilin, juga bisa menyebabkan mual muntah. Jadi, mungkin dilihat dulu obat yang digunakan karena bisa jadi mual-muntah karena ESO.

Tetapi ALS-nya sendiri memang bisa menyebabkan disfagia, sehingga nafsu makan pasien ALS sering menurun, sehingga pada perkembangannya juga bisa menyebabkan mual muntah. cmiiw.