Pasien anak usia 11 tahun datang dengan demam 2 hari memiliki alergi terhadap ibuprofen - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dok. Ijin berdiskusi.Pasien anak usia 11 tahun, datang dengan demam 2 hari. Sebelumnya sudah diketahui pasien alergi dengan ibuprofen. Gejala alergi yang...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien anak usia 11 tahun datang dengan demam 2 hari memiliki alergi terhadap ibuprofen

    09 Maret 2021, 18:39
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dok.

    Ijin berdiskusi.

    Pasien anak usia 11 tahun, datang dengan demam 2 hari. Sebelumnya sudah diketahui pasien alergi dengan ibuprofen. Gejala alergi yang muncul berupa bengkak di kedua mata dan bibir.

    Karena itulah, Ibu mencoba memberikan paracetamol kepada anak. Namun, beberapa jam kemudian muncul bercak merah seperti urtikaria dok di wajah pasien.

    Untuk kasus seperti ini, antipiretik apa yang sebaiknya diperikan kepada anak dok?

    Apakah ada tempat untuk metamizol?

    Terima kasih sebelumnya 🙏🏼

09 Maret 2021, 19:37
Alo dr. Anon, selamat malam. Izin bantu menjawab ya dok. Sebelumnya apakah anak yang saat ini sudah berusia 11 tahun memiliki riwayat alergi pada paracetamol dok? Untuk informasi detail, sepertinya perlu ditanyakan obat-obatan demam yang selama ini digunakan oleh pasien. Terkait metampiron/metamizol, juga memiliki aktivitas antipiretik sehingga dapat digunakan sebagai alternatif dari kedua obat yang disebutkan. Dosis yang disarankan hingga usia 14 tahun adalah 8-16mg/KgBB. Sebagai referensi, dokter dapat melihat artikel dari Alomedika dengan tautan berikut https://www.alomedika.com/obat/analgesik/analgesik-non-narkotik-dan-antipiretik.
10 Maret 2021, 05:37
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum
Terima kasih dokter atas balasannya.
Sebelumnya pasien tidak pernah alergi paracetamol dok. Oleh karena itu, ketika demam kemarin, ibu berinisiatif untuk memberikan paracetamol.