Pasien dengan mata gatal, merah dan bengkak setiap habis makan ayam potong - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter. Saya mempunyai krluarga yg sebelumnya tidak ada riwayat alergi tapi beberapa tahun belakangan ini beliau mengeluhkan mata gatal, merah dan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien dengan mata gatal, merah dan bengkak setiap habis makan ayam potong

    08 Maret 2022, 21:03
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dokter. Saya mempunyai krluarga yg sebelumnya tidak ada riwayat alergi tapi beberapa tahun belakangan ini beliau mengeluhkan mata gatal, merah dan bengkak setiap habis makan ayam potong, gorengan bahkan setelah minum beberapa jenis obat seperti ibuprofen, metamizole, antibiotik gol penicillin. Mohon pencerahan untuk penyebab kasus diatas serta penatalaksanaan nya 🙏

    Terimakasih

08 Maret 2022, 21:38

Alo dr. Anonymous, saya dr. Nomi, izin menjawab  ya Dokter.

Mengenai manifestasi alergi pada usia lanjut memang jarang terjadi karena biasanya rekasi alergi terutama oleh karena makanan umumnya sudah terjadi sejak usia muda, namun tetap saja ada kemungkinan.

Untuk mekanisme alergi pada masa dewasa maupun anak-anak masih sama yakni dimediasi oleh sel imun (sel mast) dan imunoglobulin E (IgE) pada hipersensitivitas type 1 namun mengenai onset yang baru terjadi saat usia lanjut masih diperlukan penelitian lebih lanjut. Untuk hipotesis sementara di beberapa sumber yang saya baca ada hubungannya dengan hygene hypotesis yakni semakin bersih keadaan lingkungan ditambah dengan frekuensi antibiotik yang relatif sering akan mengakibatkan berkurangnya insensitas seseorang untuk bersentuhan dengan mikroorganisme sehingga kedepannya imun bereaksi secara berlebih pada substansi-substansi yang normalnya bersifat aman atau tidak berbahaya.

Untuk lebih memastikan, Dokter dapat melakukan pemeriksaan test alergi (skin prick test) dan laboratorium kadar IgE untuk menegakkan diagnosis alergi.

Demikian informasi yang bisa saya bagikan. Mungkin dari TS sekalian ada yang ingin mengoreksi atau menambahkan. Terimakasih.

 

Sumber:

- https://www.carolinaasthma.com/blog/what-causes-a-person-to-develop-allergies/

- https://www.nhs.uk/conditions/allergies/