Aktivitas yang aman selama kehamilan dan menyusui - Diskusi Dokter

general_alomedika

Assalamualaikum dok, maaf ini mau meminta pendapat TS sekalian, terkait aktivitas yang aman selama kehamilan dan saat menyusui, karena cukup banyak user yang...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Aktivitas yang aman selama kehamilan dan menyusui

    31 Juli 2019, 08:37

    Assalamualaikum dok, maaf ini mau meminta pendapat TS sekalian, terkait aktivitas yang aman selama kehamilan dan saat menyusui, karena cukup banyak user yang menanyakan, apakah aman untuk rebonding, mewarnain rambut, mmbersihkan umbilicus dgn bby oil dsb. Menurut pendapat TS bgaimana?


    Terimakasih,

31 Juli 2019, 10:16

Alo Dokter, 

Sedikit sharing, Dok, CMIIW, kalau untuk membersihkan umbilikus, tidak dianjurkan menggunakan baby oil atau bahan2 lain yang dikhawatirkan dapat menambah kelembaban dan mempermudah terjadinya infeksi pada daerah pusar. Hanya disarankan untuk dibersihkan rutin secara hati2 dengan sabun pada saat mandi, kemudian dikeringkan setelahnya. 

Untuk pertanyaan mengenai produk dan proses perawatan rambut saat kehamilan dan menyusui. Ada 1 sumber yang menyatakan pada produk-produk pewarnaan rambut sebelum tahuun 2009, masih mengandung bahan-bahan karsinogenik dan teratogenik, sehingga ditemukan adanya hubungan antara perawatan rambut dengan kejadian kanker leukemia  (Pregnancy, maternal exposure to hair dyes and hair straightening cosmetics, and early age leukemia.).  Sementara untuk penelitian yang lebih baru, tidak menemukan adanya hubungan antara penggunaan produk perawatan rambut 3-4 kali selama kehamilan dengan peningkatan efek berbahaya pada janin.  Tetapi tetap diinformasikan bahwa ada efek penyerapan sistemik (ke seluruh tubuh) dari produk yang digunakan, Jadi harus lebih berhati-hati terutama apabila memiliki alergi terhadap kandungan bahan aktif yang terdapat dalam produk.  (Safety of hair products during pregnancy)

31 Juli 2019, 10:18
Baik dok terimakasih informasinya, sangat membantu
31 Juli 2019, 10:20

 

Waalaikumsalam..

Alo dr. Andi

Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), berdasarkan beberapa penelitian pewarna rambut  dan perawatan rambut lainnya mungkin aman digunakan selama kehamilan karena sedikit pewarna yang diserap melalui kulit sehingga sedikit yang dapat mencapai janin. Dengan demikian, jumlah kecil ini tidak dianggap berbahaya bagi janin.

Hal yang sama dianggap benar saat menyusui. Meskipun tidak ada data yang tersedia tentang wanita yang menerima perawatan rambut saat menyusui, diketahui bahwa sedikit bahan kimia yang benar-benar akan diserap ke dalam aliran darah. Oleh karena itu, kemungkinan mereka memasuki ASI dan berisiko bagi bayi tidak mungkin terjadi.

sumber : 

https://m.acog.org/Patients/ACOG-Pregnancy-Book

 

 

 

31 Juli 2019, 10:25
Terimakasih dok
31 Juli 2019, 10:24

Alo Dok,

Produk perawatan dan kecantikan rambut pada suatu penelitian terhadap hewan terbukti menyebabkan teratogenik dan pada manusia bersifat karsinogen. Namun, pada studi lain tidak mempengaruhi kondisi janin dan dapat dilakukan 3-4 kali selama kehamilan. Akan tetapi, untuk menghindari kemungkinan yang tidak diharapkan dianjurkan utk melakukan perawatan rambut pada trimester kedua (setelah fase organogenesis janin selesai) atau menggunakan produk semi permanen maupun produk herbal/henna. 

Saya belum menemukan efeknya pada ibu menyusui, mgkn agar lebih hati-hati sebaiknya ditunda sampai anak disapih.

 

Berikut jurnalnya, Dok:

https://pdfs.semanticscholar.org/3b93/31ac5c15617cbecaa085311462116c0a3130.pdf

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2567273/

31 Juli 2019, 10:26
Terimakasih dok, info nya sangat membantu