Tatalaksana Acne vulgaris - Diskusi Dokter

general_alomedika

Ada pasien yang mengalami acne vulgaris sudah dari lama dan sudah coba berbagai macam obat. Kulitnya sangat berminyak, seorang laki2 berumur sekitar 20an...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Tatalaksana Acne vulgaris

    14 November 2018, 13:25

    Ada pasien yang mengalami acne vulgaris sudah dari lama dan sudah coba berbagai macam obat. Kulitnya sangat berminyak, seorang laki2 berumur sekitar 20an tahun.

    Pakai salep benzol peroxide namun justru mukanya jdi pecah2 kekeringan, begitu pula dengan salep Tretinoin.

    Kemudian mencoba makan minocycline selama 12 mgg, jauh membaik dan bersih mukanya. Namun sekitar 3 bulan kemudian muncul dan parah lagi. Pakai minocycline 12 Minggu lagi, sembuh, 3 bulan lagi terulang kembali.

    Bagaimana kah solusinya, baik itu untuk pemakaian salep atau obat minocycline. Ada saran / solusi? Terima kasih

14 November 2018, 13:37
dr. Andre
dr. Andre
Dokter Umum

Yang pertama perlu ditanyakan adalah mengenai higiene pasien. Walau sudah menggunakan minocycline sampai selesai, bukan berarti pasien kemudian bisa tidak menjaga kebersihan mukanya. Kadang hal ini yang menyebabkan rekurensi jerawat.

Lalu untuk kulit pecah dan kering akibat penggunaan benzol peroxide dan isotretinoin, apakah pasien juga mendapat moisturizer? Lalu juga anjurkan pasien untuk menghindari paparan sinar matahari langsung atau menggunakan sunblock jika memang harus terpapar sinar matahari. Tapi penggunaan sunblock perlu dipertimbangkan dengan hati-hati karena sunblock sendiri bersifat komedogenik dan dapat memperparah jerawat pasien.

Untuk alternatif yang dapat digunakan, dokter dapat menggunakan asam salisilat topikal.

14 November 2018, 13:52
Untuk higiensi nya pasien mengatakan sudah sering cuci muka, tidak memegang muka. Namun sebenarnya, jika muka kulit berminyak, seberapa seringkah perlu cuci muka? Apakah perlu sering atau tidak boleh sering2?

Kemudian untuk pemakaian moisturizer dan salep benzoyl peroxide, bagaimanakah pemakaiannya, apakah diselingi? Lalu berapa lama pemakaian benzoyl peroxide, apakah tidak boleh terlalu lama dipakai di mukanya?
14 November 2018, 15:04
dr. Andre
dr. Andre
Dokter Umum

Memang tidak boleh sering-sering dok. Cuci muka terlalu sering akan menyebabkan kulit menjadi kering dan teriritasi.

Untuk pemakaian pelembab, memang tidak boleh digunakan bersama dengan obat. Untuk penggunaan benzoyl peroxide, bukan masalah berapa lamanya tapi jika terjadi iritasi, turunkan frekuensi atau konsentrasi benzoyl peroxide yang digunakan.

14 November 2018, 15:57
Baik, siap, terima kasih dokter 🙏
14 November 2018, 18:28
Sekedar menambahkan, karena faktor resiko munculnya acne sangat banyak, saya rasa juga perlu mengedukasi pasien selain dr memakai krim dan menjaga kebersihaan kulit, seperti edukasi juga dr segi makanan, kurangi atau batasi makanan tinggi lemak, pedas dsb yang bisa beresiko memicu jerawat.. lalu dari segi pemakaian krim sebaiknya juga ditambahkan masalah tapering off krim, konsul dulu bila mau berhenti krim, atau bila ingin mengganti krim lain, jangan mencampur krim dari sumber yang berbeda, lalu cara memakai krim yang benar agar tidak terlalu tebal, tidak digosok kasar ke wajah ( bisa lebih beresiko membuat kering dan mengiritasi kulit).. Dan selain edukasi, penanganan juga bisa ditambahkan dengan treatment atau perawatan di klinik, seperti facial, peeling, laser, dsb...
Semoga membantu ya dok..