Sharing kasus Susp.Enchondroma dd/ Osteomyelitis TB - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat sore,docs.. Ijin sharing kasus yg saya temukan baru2 ini..anak Laki2 11th dengan keluhan bengkak di jari telunjuk kanan sejak krg lebih 1 bln SMRS...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Sharing kasus Susp.Enchondroma dd/ Osteomyelitis TB

    09 Oktober 2018, 17:51

    Selamat sore,docs.. Ijin sharing kasus yg saya temukan baru2 ini..anak Laki2 11th dengan keluhan bengkak di jari telunjuk kanan sejak krg lebih 1 bln SMRS (foto klinis terlampir). Menurut ayahnya, awalnya tiba2 jari telunjuk bengkak kecil lalu oleh ayah diikat2 dgn karet gelang dgn harapan kempes.. lama2 malah makin bengkak dan memerah, serta di ujungnya ada spt ulkus begitu.. Tp anehnya tidak pernah sakit, dan dipencetpun tdk ada nanah..

    Awal2 saya kira selulitis, tp anehnya tdk sakit.. Hasil rontgen dari expertise Sp.Rad di RS adalah susp.Enchondroma (foto radiologi terlampir).. akhirnya kami rujuk ke RS pusat..

    Di salah 1 seminar jg saya sempat berdiskusi dgn bbrp sejawat Sp.Rad mengenai kasus ini, beliau2 mengatakan bahwa dari gambaran radiologis bisa2 saja enchondroma melihat letaknya yang di phalanx (predileksi tersering), phalanx nya membesar, dan jg ada nampak sedikit kalsifikasi kecil2 di tulangnya.. Namun menurut beliau2, yg aneh adalah pasien masih anak2.. sehingga akhirnya beliau2 berpendapat bahwa mungkin Osteomyelitis TB lebih sesuai untuk dijadikan DD utama..

    Sayangnya saya sendiri blm dpt kabar lebih lanjut mengenai pasien tsb, jadi krg tau akhirnya diagnosisnya apa (seandainya di PA)..

    Kalau menurut TS2 sekalian bagaimana? Apakah ada saran DD yg lain? Dan apakah pernah menemukan kasus serupa?

    Thanks.. 😁

09 Oktober 2018, 18:09
dr. Marianti
dr. Marianti
Dokter Umum
Wah, menarik juga ya. Terima kasih, dr.Sherly, untuk sharing kasusnya ^^
09 Oktober 2018, 18:21

Alo dokter!

Saya dulu waktu di daerah tahun 2011 pernah dapat kasus yang mirip-mirip. Pada laki-laki usia 50an datang dengan keluhan bengkak yang muncul tiba-tiba pada proximal interphalang joint digiti I carpal dextra. Pada pemeriksaan memang ada gangguan ROM aktif sedikit tapi overall tidak ada kelainan lain. Setelah kami xray ternyata osteoblastoma dok.. xray khas sekali...

Memang sepertinya tumor2 tulang ini gejalanya mirip-mirip yaa dok..

Pada pasien dokter saya lebih sepakat encondhroma dok.. Karena tidak ada gejala penyerta lain. kalo osteomyelitis tb, setau saya ada gejala lain seperti nyeri gerak dan nyeri tekan.

Tadinya saya sempet kepikiran osteosarcoma juga.. tapi dari lokasinya sepertinya kurang sesuai. cmiiw.

Oiya! Kalo encond4oma setau saya bisa muncul multipel pada anak.. namanya jadi ollier disease klo ga slah.

Thankyou for sharing dok! Ditunggu sharing kasus menarik lainnya yaaa...